Kompas.com - 15/08/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, tanggal tersebut merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Dikutip dari Kompas.com, kemerdekaan RI ditandai dengan pembacaan naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945.

Didampingi Mohammad Hatta, Soekarno membacakan naskah proklamasi di depan rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta Pusat.

Bersamaan dengan berkibarnya bendera Merah Putih, menyebar pula berita kemerdekaan Indonesia ke seluruh pelosok negeri melalui saluran radio.

Kini, tak lama lagi, Indonesia akan merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-77. Momen ini disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti pemasangan bendera, upacara bendera, dan aneka macam perlombaan.

Lantas, apakah 17 Agustus libur?

Baca juga: 30 Link Twibbon Hari Kemerdekaan HUT Ke-77 RI 17 Agustus 2022

17 Agustus tanggal merah

Ilustrasi bendera merah putih. Ada beberapa aturan pasang bendera merah putih saat 17 Agustus yang perlu diketahui.UNSPLASH/FAHMI ANWAR Ilustrasi bendera merah putih. Ada beberapa aturan pasang bendera merah putih saat 17 Agustus yang perlu diketahui.

Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional 2022 dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

SKB tersebut adalah SK Menteri Agama Nomor 678 Tahun 2022, Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 2 Tahun 2022.

Merujuk SKB 3 Menteri tersebut, 17 Agustus 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.