Melihat Peluang dan Strategi Prabowo Saat Kembali Maju di Capres 2024

Kompas.com - 14/08/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden yang bakal maju pada 2024.

Seperti diketahui, Prabowo sudah mencalonkan diri sebagai capres sebanyak dua kali atau sejak 2014.

Saat itu, Prabowo berpasangan dengan cawapres Hatta Rajasa, dan kalah dari Jokowi-Jusuf Kalla.

Kemudian, pada Pemilu 2019, Prabowo mencalonkan diri lagi sebagai capres bersama Sandiaga Uno, dan kembali kalah dari pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dari pengalaman tersebut bagaimana peluang Prabowo dalam Pemilu yang akan dilangsungkan pada 2024?

Prabowo sudah ada basis pemilih

Eks Direktur Lembaga Survei Indonesia sekaligus Dosen Fisipol di Universitas Gadjah Mada (UGM) Kuskridho Ambardi mengatakan bahwa Prabowo memang ada peluang menjadi calon presiden karena sudah memiliki basis pemilih sejak 2014.

"Kalau dari sisi peluang, tentu ada karena Prabowo sudah punya basis pemilih sejak Pilpres 2014," ujar pria yang akrab disapa Dodi ini kepada Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Ia menambahkan, peluang itu akan terkoreksi oleh kandidat baru yang mulai membangun dukungan seperti Ganjar Pranowo (GP) dan Anies Baswedan (AB).

Baca juga: Melihat Peluang Duet Anies-Puan di Pilpres 2024


Selain itu, Dodi menyampaikan, saat ini belum tergambar penuh bagaimana strategi Prabowo untuk mengampanyekan dirinya menjadi capres.

Menurut Dodi, hal itu dikarenakan Prabowo masih sibuk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Dia sibuk sebagai Menhan, jadi sulit untuk membandingkan strategi dia yang dulu dengan sekarang. Kalau belum ada kejelasan strategi baru, saya kira dia mengulang yang lama," ujar Dodi.

Baca juga: Kisah di Balik Patung Soekarno Menunggang Kuda yang Diresmikan Prabowo di Kemhan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyapa ribuan kader dalam Rapimnas Gerindra tahun 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).Dokumentasi Gerindra Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyapa ribuan kader dalam Rapimnas Gerindra tahun 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak menyampaikan, secara obyektif Prabowo memiliki peluang yang cukup besar dalam pilpres 2024.

Faktor pertama yang dinilai membuat Prabowo berpeluang menjadi capres yakni nama Prabowo hampir selalu ada di tiga besar (big three) dalam setiap jajak pendapat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.