Kompas.com - 13/08/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Kehadiran nyamuk di rumah adalah sesuatu yang tidak diharapkan. Pasalnya, serangga kecil ini menjadi perantara berbagai macam penyakit, seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

Inilah mengapa banyak bertebaran produk pembasmi nyamuk instan dan krim anti-nyamuk di pasaran.

Meski begitu, cara mengusir nyamuk tersebut bukan solusi bagi pemilik kulit sensitif dan rumah dengan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin melindungi diri dari gigitan nyamuk tanpa banyak risiko, bisa mencoba cara-cara berikut:

Baca juga: 6 Cara Membuat Perangkap Nyamuk di Taman, Pakai Bahan di Dapur

Cara mengusir nyamuk

Berikut cara mengusir nyamuk dengan bahan alami dan tidak berbahaya:

1. Gunakan kipas angin

Cara sederhana mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan kipas angin. Cara ini efektif membasmi nyamuk di ruangan kecil, seperti kamar tidur.

Dikutip dari Forbes, aliran udara yang dihasilkan kipas angin akan membingungkan serangga termasuk nyamuk. Sehingga, mereka akan kesulitan untuk berdengung.

Selain itu, udara dari kipas angin juga menyebarkan karbondioksida yang diembuskan manusia. Karbondioksida akan menarik nyamuk mendekat, sebelum akhirnya kipas angin menghempaskan dan mengusir serangga ini.

2. Membersihkan genangan air

Nyamuk bertelur di genangan air. Bahkan, genangan air kecil saja cukup bagi ribuan nyamuk untuk berkembang biak.

Oleh karena itu, salah satu cara mengusir nyamuk adalah dengan menghilangkan sumber genangan air di dalam maupun di luar rumah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.