Ratu Kalinyamat Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Apa Saja Syarat Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional?

Kompas.com - 13/08/2022, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini Ratu Kalinyamat diusulkan menjadi pahlawan nasional. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menuturkan usulan tersebut atas dorongan dan keinginan masyarakat Jepara.

"Oleh pemerintah Jawa Tengah dan dalam hal ini oleh Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) secara resmi sudah mengajukan kepada pemerintah pusat," kata Lestari kepada Kompas.com (11/8/2022).

Sebelumnya, Ratu Kalinyamat pernah diusulkan menjadi pahlawan nasional pada 2009. Namun, permintaan itu ditolak dengan alasan Ratu Kalinyamat dianggap sebagai tokoh fiktif.

Sebaliknya, anggapan itu ditangguhkan oleh Lestari usai pemugaran makan Ratu Kalinyamat yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Pembangunan III periode 1978-1983, Daud Jusuf.

Bahkan, presiden pertama RI, Soekarno pernah mendatangi makam Ratu Kalinyamat untuk berziarah.

Baca juga: Mengenal Usmar Ismail, Tokoh yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Kriteria mendapat gelar Pahlawan Nasional

Gelar Pahlawan Nasional merupakan gelar yang diberikan pada Warga Negara Indonesia (WNI) atau seseorang yang telah berjuang melawan penjajahan di wilayah NKRI.

Atau, bisa mereka yang meninggal dunia karena membela bangsa dan negara dan semasa hidupnya karena melakukan tindakan kepahlawanan.

Dilansir dari laman resmi Direktorat K2KRS Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos), terdapat sejumlah kriteria yang harus dilengkapi untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Kriteria tersebut berdasarkan pada UU No. 20 Tahun 2009, tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Pasal 25 dan Pasal 26.

Berikut kriteria mendapatkan gelar tersebut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.