Sederet Kasus yang Ditangani Ferdy Sambo: Kopi Sianida, Djoko Tjandra, KM 50, hingga Kebakaran Gedung Kejagung

Kompas.com - 10/08/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J pada Selasa (9/8/2022).

Sambo disebutkan menjadi orang yang memberi perintah kepada Bharada E untuk menembak Brigadir J hingga meninggal dunia, juga merekayasa kasus pembunuhan hingga disebut tembak menembak. 

Setelah ditetapkan tersangka, sejumlah kasus yang pernah ditangani Sambo kembali diungkit warganet. Apa saja?

Baca juga: Diperintah Sambo Tembak Brigadir J, Bharada E Bisa Lepas dari Pidana?

Berikut sederet kasus besat yang pernah ditangani Irjen Ferdy Sambo mulai dari Bom Sarinah sampai Terbakarnya Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).

1. Bom Sarinah 2016

Kasus Bom Sarinah terjadi pada Kamis, 14 Januari 2016.

Saat itu, ledakan bom disertai penembakan terjadi di Starbucks Coffee, Gedung Cakrawala, dan pos polisi di Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dikutip dari Kompas.com, (14/1/2022), akibat aksi teror di Thamrin itu, sebanyak 21 orang menjadi korban.

Delapan orang di antaranya meninggal dunia, terdiri dari empat pelaku dan empat warga sipil. Sementara sisanya menderita luka-luka.

Dilansir dari Kompas.id, Ferdy Sambo terlibat dalam pengungkapan kasus tersebut hingga akhirnya polisi berhasil menangkap dalang aksi teror bernama Aman Abdurrahman.

Aman juga dikenal sebagai Ketua Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Indonesia.

2. Pembunuhan Wayan Mirna Salihin pada 2016

Sambo juga menjadi salah satu penyidik yang turut mengungkap pembunuhan Wayan Mirna Salihin atau Kasus Kopi Sianida pada 2016.

Dikutip dari Kompas.com, (15/3/2017), Jessica Kumala Wongso dinyatakan bersalah karena membunuh Mirna menggunakan zat sianida yang dimasukkan ke dalam es kopi vietnam yang dipesannya di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016.

Jessica kemudian divonis hukuman 20 tahun penjara karena terbukti telah melanggar Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Baca juga: Kronologi Pembunuhan Brigadir J, Kapolri: Penembakan atas Perintah Ferdy Sambo

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.