Muncul Petisi Flash Warning Film Pengabdi Setan 2: Communion, Apa Itu?

Kompas.com - 09/08/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Sebuah twit berisi informasi soal petisi "Flash Warning" pada film Pengabdi Setan 2: Communion, viral di media sosial pada Senin (8/8/2022).

"Halo semuanya, Minfoxx mau minta bantuan kepada kalian untuk menandatangani + menyebarkan petisi ini

Dimana perlu ditambahkan flash warning pada Pengabdi Setan 2 di seluruh bioskop Indonesia," tulis akun Twitter @CinefoxxID.

Dalam twit itu disematkan foto petisi berjudul "Tambahkan 'Flash Warning' pada Pengabdi Setan 2: Communion di seluruh bioskop Indonesia".

Ada juga keterangan bahwa petisi itu akan ditampilkan di halaman rekomendasi jika sudah ada 100 tanda tangan yang menyetujui petisi tersebut.

Baca juga: Pengabdi Setan 2: Communion Raih 3 Juta Penonton Setelah 5,5 Hari Penayangan

Lalu, apa itu flash warning dan bagaimana tanggapan pihak yang bersangkutan?

Apa itu flash warning?

Flash warning atau peringatan adanya tampilan lampu kedip, adalah upaya peringatan terkait penggunaan flashing lights atau cahaya kelap-kelip dalam sebuah tayangan.

Hal ini penting untuk diketahui atau ditampilkan dalam suatu tayangan, biasanya video atau film, yang banyak mengandung cahaya kelap-kelip.

Dikutip dari situs Epilepsy, flashing light atau cahaya kelap-kelip ini bisa menimbulkan kejang-kejang pada penderita epilepsi fotosensitif.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi sutradara atau rumah produksi untuk memberikan peringatan "Flash Warning" jika ada adegan cahaya lampu kelap-kelip.

Tanggapan XXI dan Cinefoxx

Sementara itu, pihak yang menginisiasi petisi yakni CinefoxxID mengatakan, saat ini XXI memang sudah merealisasikan diberikannya "Flash Warning" di bioskop mereka untuk calon penonton film Pengabdi Setan 2: Communion.

"Sudah ada beberapa bioskop yang menambahkan peringatan ini," ujar pihak CinefoxxID saat dihubungi secara terpisah oleh Kompas.com, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: 4 Kali Jokowi Ultimatum Polri soal Kasus Brigadir J, Ini Isinya


Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.