Kompas.com - 08/08/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Saat ini bepergian menggunakan pesawat terbang sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang. 

Namun banyak juga yang kemudian baru pertama kali atau mencoba bepergiaan dengan naik pesawat. 

Saat pertama kali akan bepergian menggunakan pesawat, ada banyak hal yang mungkin tidak diketahui. Mulai dari cara memesan tiket pesawat, mempersiapkan keberangkatan, hingga apa saja yang dibutuhkan saat check-in di bandara. 

Baca juga: Cara Naik Pesawat Saat Pandemi, Siapkan Sertifikat Vaksin

Oleh karena itu diperlukan panduan praktis dan lengkap tata cara pertama kali naik pesawat.

Cara naik pesawat untuk yang baru pertama kali

1. Pesan tiket pesawat

Sebelum keberangkatan, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat untuk keberangkatan ke lokasi tujuan. 

Saat ini cara pesan tiket pesawat bisa dilakukan secara online. Beberapa platform digital sudah menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat yang dapat diakses melalui smartphone.

Dengan adanya cara pesan tiket pesawat secara online, calon penumpang tidak perlu repot datang ke kantor maskapai atau agen travel.

Cukup manfaatkan smartphone, pemesanan tiket pesawat akan selesai dalam hitungan menit. 

Anda bisa memesan tiket pesawat melalui online di bawah ini

7 Cara Pesan Tiket Pesawat secara Online dan Offline

2. Mengecek barang bawaan

Dilansir dari Liverpool Airport, sebelum berangkat Anda perlu mengetahui jumlah bagasi yang bisa ditampung pesawat dan barang-barang yang boleh dan tidak boleh dibawa. 

Cek persyaratan barang bawaan maskapai yang Anda gunakan, pastikan barang bawaan Anda tidak melebihi berat maksimal yang ditentukan jika tidak ingin dikenakan biaya tambahan.

Masukkan barang-barang penting Anda ke dalam tas yang dibawa ke atas kabin, misalnya dompet, ponsel, obat-obatan, snack, dan sebagainya.

Pastikan kartu identitas Anda mudah dijangkau tangan, jadi sewaktu-waktu ketika dibutuhkan di dalam bandara, misalnya untuk check in, Anda bisa mudah mendapatkannya.

3. Datang lebih awal

Mengingat Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya, akan ada potensi Anda mengalami kebingungan tentang tata cara atau lokasi-lokasi yang harus dituju selama di bandara.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk datang ke bandara beberapa saat lebih awal dari jadwal penerbangan yang tertera di tiket.

Beberapa saat sebelumnya, idealnya adalah 2 jam untuk penerbangan domestik atau 3 jam untuk penerbangan internasional

Di bandara, Anda bisa mulai menjalani proses-proses yang diperlukan, seperti check in, menimbang barang bawaan, melalui pemeriksaan barang juga pemeriksaan imigrasi (jika bepergian ke luar negeri), mencari pintu keberangkatan yang sesuai, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Makassar-Jakarta Maskapai Lion Air, Super Air Jet, Sriwijaya Air, hingga Garuda Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.