Ada Sanksi bagi Pemotor Tak Nyalakan Lampu Siang Hari, Ini Penjelasan Korlantas

Kompas.com - 07/08/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menekankan akan ada sanksi bagi pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu pada siang hari.

Hal itu diungkapkan Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas (Dirgakkum Korlantas) Polri Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Aan Suhanan.

Aturan tersebut diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Pada Pasal 293 ayat (2) setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 ayat 2 dipidana dengan kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Viral, Video Polantas Disebut Menilang Pengendara Motor yang Tak Hidupkan Lampu Utama, Ini Kata Korlantas Polri

Alasan wajib menyalakan lampu sepeda motor siang hari

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan meninjau GT Kalikangkung, Kota Semarang pada Jumat (29/4/2022) malam.KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan meninjau GT Kalikangkung, Kota Semarang pada Jumat (29/4/2022) malam.

Aan mengungkapkan, alasan perlunya menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari salah satunya untuk melindungi para pengendara sepeda motor.

Tentunya, di samping mengikuti peraturan yang sudah ada.

"Karena secara teori kecepatan cahaya lebih cepat dari kecepatan suara, artinya cahaya lampu dari sepeda motor akan lebih cepat diterima oleh pengemudi lain, baik dari depan maupun belakang," kata dia.

"Artinya dengan sinar atau cahaya akan cepat terlihat ada sepeda motor," imbuh Aan.

Menurutnya, ukuran sepeda motor yang kecil terkadang tidak tampak jika tidak menggunakan lampu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.