Kapan Booster Kedua untuk Masyarakat? Kemenkes: Vaksin Sudah Siap, Menunggu Penyusunan Regulasi

Kompas.com - 01/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah telah memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat kepada sekitar 4 juta tenaga kesehatan (nakes) sejak 29 Juli 2022.

Pemberian vaksin dosis lanjutan ini didasarkan pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/7/2022).

Tenaga kesehatan dianggap menjadi kelompok rentan yang perlu mendapatkan dosis lanjutan ini.

Terlebih, pemberian vaksin dosis ketiga sudah dilakukan lebih dari 6 bulan yang lalu, sehingga imunitas yang dihasilkan dipastikan sudah menurun.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 27 Juli 2022.

"Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari Kompas.com (27/7/2022).

Jika booster kedua bagi nakes sudah diagendakan bahkan sudah mulai diberikan, bagaimana dengan dosis keempat bagi masyarakat?

Baca juga: Jenis Vaksin Booster Kedua Berdasarkan Booster Pertama, Apa Saja?

Dosis keempat bagi masyarakat umum

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menyebut hingga saat ini belum ada kepastian kapan pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat bagi masyarakat umum akan dilakukan.

"Belum yaa," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/7/2022).

Menurutnya, saat ini pemberian dosis keempat bagi masyarakat masih dalam tahap pengkajian, jadi belum diketahui, apakah dosis keempat perlu diberikan pada masyarakat atau tidak. Jika diperlukan pun belum bisa dipastikan kapan akan mulai diberikan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.