Penambang Temukan Berlian Merah Muda 170 Karat, Terbesar dalam Lebih dari 300 Tahun

Kompas.com - 31/07/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Penambang di Angola menemukan berlian merah muda yang diyakini terbesar dari jenisnya dalam 300 tahun terakhir.

Berlian merah muda tersebut diperkirakan memiliki berat 170 karat, sedikit lebih kecil dari berlian Daria-i-Noor seberat 182 karat.

Sebagai informasi, berlian Daria-i-Noor merupakan berlian merah mudah terbesar di dunia yang kini menjadi bagian dari Permata Nasional Iran.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemuan Berlian Terbesar di Alam Semesta

Dikutip dari Live Science, berlian merah muda itu kini dijuluki "Lulo Rose" yang merujuk pada tambang Lulo di timur laut Angola, lokasi penemuan berlian.

Sejak 2015, proyek penambangan Lulo telah menemukan 27 berlian dengan berat lebih dari 100 karat.

Termasuk di antaranya berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola bernama "4th February Stone" seberat 404 karat yang dijual seharga 16 juta dollar AS pada 2016 atau setara Rp 237 miliar (dollar senilai Rp 14.815).

Baca juga: Cara Gadai Emas di Pegadaian, Apa Saja Syaratnya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.