Ramai soal Mandi Malam Picu Penuaan Dini dan Reumatik, Benarkah Demikian?

Kompas.com - 22/07/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Mandi malam dinilai sebagai sesuatu yang buruk dan membahayakan. Bahkan, mandi malam kerap dihubungkan dengan gangguan kesehatan, seperti reumatik dan penuaan dini.

Mitos seputar mandi malam kerap kali membuat masyarakat bingung. Mitos ini muncul dari zaman dahulu, dan tetap eksis hingga saat ini.

Kebingungan akan bahaya mandi malam salah satunya dirasakan oleh warganet Twitter, dalam unggahan di akun ini pada Kamis (21/7/2022) malam. 

Dalam unggahan, warganet menanyakan kebenaran mandi malam yang dapat memicu penuaan dini dan reumatik.

"Mitos atau fakta kalo mandi malem (aku mandi jam 11an karena habis kerja shift) bisa penuaan dini atau reumatik gitu," tanya warganet.

Lantas, benarkah mandi malam dapat memicu penuaan dini dan reumatik?

Baca juga: [HOAKS] Mandi Malam Hari Menyebabkan Paru-paru Basah

Penuaan dini tak ada kaitan dengan mandi malam

Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Ismiralda Oke Putranti mengatakan, tak ada hubungan antara mandi malam dengan penuaan dini.

"Kalau dihubungkan dengan mandi pada malam hari, saya rasa tidak berhubungan sama sekali," kata dokter yang akrab disapa Oke ini saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Menurutnya, penuaan dini pada kulit paling sering disebabkan radiasi sinar UV, pembentukan radikal bebas akibat paparan lingkungan, serta kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Justru, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur dan memberikan dampak baik seperti meredakan stres dan memicu kesegaran pada keesokan hari.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.