Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Sumur Air Zamzam Tidak Pernah Kering

Kompas.com - 16/07/2022, 13:00 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sumur air Zamzam merupakan situs yang penting dan memiliki nilai historis yang tinggi bagi umat Islam.

Sumur yang terletak 21 meter di sebelah timur Kakbah, dekat halaman Masjidil Haram ini erat dengan sejarah Nabi Ibrahim AS.

Meski berasal dari zaman Nabi Ibrahim AS, sumur ini tidak pernah kering. Bagaimana bisa?

Profesor geologi dan sumber daya air di African Research Institute Abbas Sharaqi menjelaskan terkait hal ini.

Ia mengatakan, penyebab sumur air Zamzam tak pernah kering adalah karena sumurnya terhubung dengan air tanah terbarukan.

"Sehingga, air Zamzam tidak pernah mengering kecuali dalam kondisi tertentu, kata Sharaqi, dikutip dari Egypt Today, 16 Agustus 2018.

Lanjutnya, tidak adanya penipisan dalam geologi berarti air itu adalah air terbarukan. Air tanah bisa diperbarui, seperti yang ada di sumur Zamzam, atau tidak bisa diperbarui.

Dia menambahkan, "Mesir memiliki Gurun Barat, reservoir Batu Pasir Nubia yang terletak di oasis. Namun, itu tidak terbarukan. Itu tidak memperbarui dirinya sendiri selama bertahun-tahun".

"Air Zamzam adalah air terbarukan. Sumber airnya berasal dari hujan di Mekkah. Mekkah adalah daerah pegunungan dan salah satu lembahnya berisi lembah Ibrahim yang menampung sumur Zamzam di daerah dataran rendah," imbuh Sharaqi.

Baca juga: Mengapa Idul Adha Disebut Hari Raya Kurban dan Lebaran Haji? Ini Sejarahnya

Robot pengantar air zamzam di Masjidil Haram. biaya umroh 2021Saudi Gazette Robot pengantar air zamzam di Masjidil Haram. biaya umroh 2021

Ia pun menjelaskan, terdapat endapan sungai sepanjang 14 meter yang disebabkan oleh air hujan di pegunungan yang jatuh ke dataran rendah dan berubah menjadi sedimen.

Proses ini membutuhkan waktu jutaan tahun untuk membuat sumur Zamzam sepanjang 14 meter.

Di bagian paling bawah terdapat bebatuan yang mengumpul, sehingga membuat sumur tersebut memiliki kedalaman total 35 meter, sedimen 14 meter, dan batuan dalam 21 meter.

Dengan curah hujan dan proses penyimpanan, air Zamzam terus diperbarui.

"Air di sumur Zamzam digunakan sebagai air minum jemaah haji dan air itu tidak digunakan seperti, misalnya, untuk pertanian," terang Sharaqi.

"Sumur Zamzam telah digunakan selama 4.000 tahun, ini membuat kami berpikir bahwa jika tidak ada hujan di Arab Saudi, airnya akan habis. Namun, mengingat kondisi iklim yang stabil dan tidak berubah, sumur dapat terus berjalan apa adanya," katanya.

Baca juga: Jemaah Haji Furoda Bisa Berangkat Tanpa Antre, Berapa Biayanya?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com