Kompas.com - 07/07/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Provinsi DKI Jakarta ditetapkan ada pada level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Rabu (6/7/2022), setelah sehari sebelumnya dikategorikan dalam level 2.

Perubahan level PPKM secara singkat ini semuanya berdasarkan pada dua Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang diterbitkan memang dalam waktu singkat, hanya berselang sehari saja.

Pada mulanya, Inmendagri Nomor 33 Tahun 2022 terbit dan mulai diberlakukan 5 Juli -1 Agustus 2022. Di dalam aturan itu, seluruh kota dan kabupaten administratif yang ada di DKI Jakarta masuk dalam level 2 PPKM.

Namun pada Rabu (6/7/2022), aturan terbaru kembali diterbitkan dan diberlakukan, yakni Inmendagri Nomor 35 Tahun 2022. Dalam aturan baru ini, seluruh wilayah di DKI Jakarta ditetapkan ada pada level 1 PPKM.

Dengan demikian, DKI Jakarta hanya berstatus level 2 PPKM selama satu hari saja.

Baca juga: Update Corona 7 Juli 2022: Pusing Jadi Gejala Paling Banyak Ditemukan di Inggris

Perbedaan penekanan indikator

Lantas terkait perubahan status PPKM DKI Jakarta dalam waktu singkat ini, apa penjelasan dari Satgas Penanganan Covid-19?

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander K. Ginting, menyebut perubahan memang berdasarkan pada diterbitkannya Inmendagri Nomor 35 tahun 2022.

"Dasarnya adalah terbitnya Inmendagri Nomor 33 dan kemudian disusul sehari kemudian terbitnya Inmendagri Nomor 35 yang isinya berbeda, khususnya terhadap DKI Jakarta dan kabupaten/kota penyangga ibukota," kata Alex saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

Perbedaan penetapan level itu dilatarbelakangi oleh perbedaan penekanan pada indikator yang dilihat.

"Inmendagri Nomor 33 menekankan tingginya penularan dan kenaikan positivity rate di daerah tersebut akibat strain baru BA.4 dan BA.5," jelas Alex.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.