Kompas.com - 07/07/2022, 14:05 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyebut penguatan harga dan penurunan suplai minyak mentah global berdampak pada harga keekonomian BBM dan elpiji di Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan penurunan suplai global terjadi karena turunnya kemampuan produksi negara OPEC+, terutama Libya dan Ekuador.

"Kalau kita melihat harga keekonomian dengan peningkatan harga minyak dan gas ini juga meningkat tajam," kata Nicke dikutip dari Antara, Rabu (6/7/2022).

Hal tersebut disampaikan Nicke ketika melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta.

Berdasarkan formulasi perhitungan yang dilakukan oleh Pertamina pada Juli 2022, harga keekonomian Solar adalah Rp 18.150 per liter.

Sedangkan untuk Pertalite memiliki harga keekonomian sebesar Rp 17.200 per liter.

Baca juga: Penjelasan Pertamina soal Pembelian BBM Subsidi Pakai QR Code tapi Tanpa Ponsel

Beban subsidi pemerintah

Pada saat ini, pemerintah melakukan subsidi yang cukup besar terhadap harga BBM dan elpiji yang dijual lewat Pertamina.

Apabila harga keekonomian Solar adalah Rp 18.150 per liter namun harga jual masih Rp 5.150 per liter, itu artinya pemerintah harus membayar subsidi Solar sebesar Rp 13.000 per liter.

Sementara untuk Pertalite harga keekonomian di angka Rp 17.200 per liter dengan harga jual Rp 7.650 per liter, akibatnya pemerintah harus menyubsidi sebesar Rp 9.550 per liter.

Untuk Pertamax harga keekonomiannya sebesar Rp 17.950 per liter, harga jualnya Rp 12.500 per liter, sehingga pemerintah melakukan subsidi sebesar Rp 5.450 per liter.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.