Kompas.com - 07/07/2022, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Video yang merekam detik-detik kapal kargo menabrak perahu viral di media sosial. Video viral itu diunggah oleh akun ini pada Rabu (6/7/2022).

"Video detik-detik kapal kargo tabrak perahu nelayan di Laut Takalar, 15 ABK selamat," tulis pengunggah.

Video yang direkam secara amatir itu menampilkan detik-detik kapal kargo menabrak perahu nelayan. Kapal nelayan terlihat sempat melintas di depan kapal kargo yang tengah melaju.

Beberapa saat kemudian, kapal kargo menabrak perahu nelayan hingga perahu tersebut terbalik dan tenggelam.

Hingga Kamis (7/7/2022), video tersebut telah disukai oleh lebih dari 1000 pengguna instagram dan mendapat komentar dari sejumlah warganet.

Lantas, bagaimana kronologi sebenernya laka laut tersebut?

Baca juga: Video Viral Razia di Kawasan Wisata Bromo, Ini Kata Pengelola

Kronologi kejadian

Saat dikonfirmasi Kompas.com Kamis (7/7/2022), Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol Komang Suartana membenarkan adanya insiden dalam video tersebut.

Ia mengatakan bahwa insiden itu terjadi antara Kapal Kargo dan Kapal Nelayan Purse Sein KMN Harapan Baru.

Kapal kargo menabrak Kapal Nelayan Purse Sein KMN Harapan Baru di Perairan Pulau Tanakeke Kec. Mappakasunggu Kab. Takalar, Sulawesi Selatan pada Selasa (5/6/2022) sekitar pukul 14.30 WITA.

Kejadian bermula ketika Kapal nelayan KMN.Harapan Baru ditarik oleh 2 kapal nelayan lantaran kapal tersebut mengalami kerusakan mesin.

Kapal nelayan itu ditarik dari arah Kepuluan Pangkep tepatnya dari Pulau Sarege menuju ke Pelelangan Soreang, Desa Tamalate, Kecamatan Galut, Kabupaten Takalar.

Saat ditarik, kapal nelayan tersebut melintas di jalur kapal kargo.

Akibatnya, tabrakan antara Kapal kargo dengan Kapal nelayan KMN.Harapan Baru tidak bisa dihindarkan.

"Kapal nelayan KMN Harapan Baru ditabrak pada bagian tengah kapal sebelah kanan. Sehingga kapal langsung tenggelam," jelas Kombes Pol Komang.

Menurut data yang diperoleh Kombes Pol Komang, pemilik kapal nelayan itu adalah warga Dusun Tamalate Desa Tamalate Kecamatan Galut, Kabupatan Takalar.

Baca juga: Ramai soal Siklus Menstruasi pada Pasien Koma, Ini Penjelasan Dokter

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.