Kompas.com - 06/07/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Nasi cenderung dihindari oleh beberapa orang yang tengah menjaga berat badan.

Karbohidrat kompleks dinilai memberi kontribusi utama dalam kenaikan berat badan dan melebarnya lingkar pinggang.

Dilansir dari NDTV, beras putih yang mengandung karbohidrat kompleks dalam takaran tinggi biasanya dihindari oleh mereka yang tengah berdiet.

Jadi ketika seseorang tengah menjalankan program diet, menu harian pertama yang akan diganti adalah nasi putih.

Sebaliknya, seseorang yang bertujuan menaikkan berat badan, biasanya akan langsung disarankan banyak mengonsumsi nasi yang kaya karbohidrat kompleks oleh para ahli gizi.

Selain dihindari oleh orang yang tengah berdiet, nasi putih juga dihindari oleh penderita diabetes. Karena kandungan di dalam nasi bisa berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

Lantas, benarkah nasi adalah pantangan utama ketika kita tengah berdiet? Apakah seseorang yang tengah menjaga berat badan benar-benar tak boleh makan nasi?

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Usia 40 Tahun ke Atas secara Cepat

Cara aman mengonsumsi nasi putih

Ahli nutrisi mengatakan, seseorang yang tengah menjaga berat badan atau tengah berdiet tetap bisa mengonsumsi nasi asalkan menggunakan tips tertentu.

Dilansir dari Health Shots, Surbhi Aggarwal, ahli diet, mengatakan bahwa semua orang bisa aman mengonsumsi nasi putih asal tahu trik pintar dalam memasak dan mengonsumsinya.

"Nasi putih adalah sumber energi yang bagus, dan sumber karbohidrat paling ekonomis di antara sumber karbohidrat lain. Sayang nasi putih bisa menaikkan gula darah, namun meskipun demikian nasi tetap pilihan tepat menu yang bebas kolesterol dan lemak," ujar Aggarwal.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.