Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dikonsumsi Setelah Makan, Ini Waktu Tepat Makan Buah!

Kompas.com - 06/07/2022, 11:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Makan buah sebaiknya sesuai waktu dan cara makan yang tepat agar nutrisi dalam buah bisa terserap maksimal.

Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa waktu pengonsumsian buah bisa menentukan manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari nutrisi yang ada dalam buah-buahan.

Ketika kita salah memilih waktu pengonsumsian buah, maka khasiat buah tak bisa kita dapatkan secara maksimal.

Sedangkan jika kita tepat dalam memilih waktu pengonsumsian buah, maka berbagai asupan nutrisi, vitamin dan mineral pada buah bisa terserap secara maksimal oleh organ pencernaan dan digunakan untuk berbagai keperluan organ lain dan sel-sel tubuh.

Lantas, bagaimana cara konsumsi buah yang tepat?

Mengenai porsi, Departemen Pertanian Amerika menyarankan setiap orang mengonsumsi buah dalam porsi separo dari porsi makan Anda.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Buah Apel

Waktu tepat mengonsumsi buah

Dilansir dari Times of India, salah satu waktu tepat mengonsumsi buah adalah di pagi hari selepas Anda menenggak satu gelas air putih.

Dengan cara begini, seluruh nutrisi di dalam buah bisa dicerna dan diserap maksimal oleh tubuh.

Makan buah selepas makan justru tidak dianjurkan ahli gizi, karena berisiko nutrisi dalam buah tak akan terombak secara maksimal lantaran perut sudah terisi banyak makanan.

Selain itu, langsung makan buah selepas makan besar juga berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah secara besar-besaran.

Jadi jika ingin menjadikan buah sebagai menu pencuci mulut atau penghilang eneg dari menu daging-dagingan, maka hendaknya beri jeda antara menu utama dan menu buah selama 30 menit lamanya.

Ahli gizi menyatakan, idealnya, waktu makan buah adalah satu jam sebelum makan atau satu jam setelah makan. Hal ini hendaknya ditaati, terutama jika Anda menderita diabetes atau gangguan saluran cerna.

Mengonsumsi buah bisa dibarengkan dengan berbagai bahan makanan lain seperti yoghurt dan gula atau garam. Sesuaikan semuanya dengan kondisi kesehatan terutama saluran pencernaan Anda.

Baca juga: Tips Mengusir Lalat Buah yang Mengerubungi Pisang

Waktu terburuk mengonsumsi buah

Dilansir dari Food NDTV, waktu pengonsumsian buah memang hendaknya harus tepat mengingat ada kandungan zat gula alami yang bisa mempengaruhi level glukosa dalam darah.

Mengonsumsi buah langsung setelah Anda makan nasi beserta lauk pauknya sangat tidak disarankan oleh banyak ahli nutrisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com