Kompas.com - 06/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Makan buah sebaiknya sesuai waktu dan cara makan yang tepat agar nutrisi dalam buah bisa terserap maksimal.

Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa waktu pengonsumsian buah bisa menentukan manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari nutrisi yang ada dalam buah-buahan.

Ketika kita salah memilih waktu pengonsumsian buah, maka khasiat buah tak bisa kita dapatkan secara maksimal.

Sedangkan jika kita tepat dalam memilih waktu pengonsumsian buah, maka berbagai asupan nutrisi, vitamin dan mineral pada buah bisa terserap secara maksimal oleh organ pencernaan dan digunakan untuk berbagai keperluan organ lain dan sel-sel tubuh.

Lantas, bagaimana cara konsumsi buah yang tepat?

Mengenai porsi, Departemen Pertanian Amerika menyarankan setiap orang mengonsumsi buah dalam porsi separo dari porsi makan Anda.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Buah Apel

Waktu tepat mengonsumsi buah

Dilansir dari Times of India, salah satu waktu tepat mengonsumsi buah adalah di pagi hari selepas Anda menenggak satu gelas air putih.

Dengan cara begini, seluruh nutrisi di dalam buah bisa dicerna dan diserap maksimal oleh tubuh.

Makan buah selepas makan justru tidak dianjurkan ahli gizi, karena berisiko nutrisi dalam buah tak akan terombak secara maksimal lantaran perut sudah terisi banyak makanan.

Selain itu, langsung makan buah selepas makan besar juga berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah secara besar-besaran.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.