Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2022, 16:05 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Utas panjang soal misteri penemuan mayat keluarga asal Korea Selatan ramai di media sosial. Utas tersebut diunggah oleh akun ini pada Jumat (1/7/2022).

"Cho Yuna (10), mengajukan izin ke sekolah untuk tinggal di Jeju selama sebulan bersama keluarganya, namun ditemukan tenggelam di dalam mobil di laut Selatan Jeolla. Apakah ini kecelakaan?" tulis pengunggah.

Dalam utasnya tersebut, pengunggah menceritakan runtutan kejadian penemuan 3 mayat yang tenggelam di Perairan Wando, Korea Selatan. Ketiga mayat tersebut ditemukan tenggalam bersama dengan mobil mereka di kedalaman 10 meter.

Hingga Sabtu (2/7/2022), utas tersebut telah disukai oleh 96.800 warganet dan mendapat komentar lebih dari 500 pengguna.

Lantas bagaimana kronologi misteri penemuan mayat satu keluarga itu?

Baca juga: 7 Fakta Pembunuhan Dini Nurdiani, Motifnya Cemburu dan Cinta Segitiga

Kronologi penemuan

Badan Kepolisian Metropolitan Gwangju dan Penjaga Pantai Wando menemukan tiga mayat di dalam mobil di perairan laut dekat Wando, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan pada Rabu (29/6/222).

Ketiga mayat tersebut ditemukan usai pihak kepolisian dan penjaga pantai berhasil menyelamatkan sebuah sedan Audi dari kedalaman 10 meter dekat jaring-jaring yang berjarak kurang dari 100 meter dari Pelabuhan Songgok, yang terletak di barat daya pulau, Selasa (28/6/2022) sore.

Dilansir dari Korea Times, pihak kepolisian sempat menemukan mobil Audi A6 yang dilaporkan menghilang beberapa waktu lalu. Kendati demikian, mereka sempat tidak mengetahui bahwa ada mayat di dalam mobil tersebut.

Sebab, kondisi di dalam kendaraan terlihat sangat gelap dilihat dari jendela mobil. Petugas juga tidak membuka pintu mobil supaya tidak menghilangkan barang bukti di dalamnya.

Kemudian, petugas sepakat untuk mengangkat mobil tersebut ke permukaan di hari berikutnya, pada Rabu (29/6/2022).

Ketiga mayat tersebut diyakini merupakan satu keluarga yang dilaporkan hilang. Diduga kuat mayat tersebut adalah Cho Yoo-na (10) dan kedua orang tuanya dari Gwangju.

Untuk memastikan hal tersebut, pihak kepolisian akan mengidentifikasi ketiga mayat tersebut menggunakan sidik jari dan barang-barang mereka yang ditemukan di dalam mobil. Sebab, mayat tersebut sudah membusuk dan akan dipindahkan ke rumah duka di Gwangju.

Baca juga: Menolak Lamaran, Naira Ashraf Dibunuh di Depan Pintu Masuk Universitas

Keluarga dilaporkan menghilang

Sebelum temuan tiga mayat itu, pihak berwenang telah mengumumkan pencarian besar-besaran di sekitar pulau di lepas pantai Provinsi Jeolla Selatan untuk mencari anggota keluarga yang dilaporkan hilang selama hampir sebulan.

Keluarga tersebut terakhir terlihat sekitar pukul 11 malam pada 30 Mei 2022 ketika meninggalkan wisma yang disewanya di daerah Wando.

Semula, orang tua Cho Yoo-na meminta izin ke sekolah anaknya bahwa mereka akan melakukan perjalanan selama satu bulan ke Pulau Jeju pada Selasa (17/5/2022). Perizinan itu merupakan hal yang umum terjadi di Korea Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com