Kompas.com - 02/07/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Menikmati pemandangan Bumi adalah pengalaman yang paling dinanti saat naik pesawat.

Tak heran, beberapa orang berebut untuk mendapatkan duduk di sebelah jendela pesawat.

Dari atas pesawat, seseorang bisa menikmati gunung yang menjulang dari kejauhan, birunya lautan, dan banyak pemandangan lainnya.

Namun, di dunia ini ada beberapa daerah atau zona yang tak boleh dilalui oleh pesawat di atasnya. Berikut ini daftarnya: 

1. Disney Parks

Wahana Disneyland Railroad di Disneyland Resort (juga dikenal dengan Disneyland California) di Amerika Serikat.https://disneyland.disney.go.com/ Wahana Disneyland Railroad di Disneyland Resort (juga dikenal dengan Disneyland California) di Amerika Serikat.

Setelah Tragedi 9/11, beberapa tempat wisata, termasuk Disney Parks, meningkatkan keamanannya untuk memastikan keselamatan para pengunjung, dikutip dari India Times.

Dilaporkan, tidak ada pesawat yang diizinkan terbang dalam jarak satu kilometer dari Disneyland di California atau Walt Disney World di Florida, Amerika Serikat.

Meskipun awalnya merupakan larangan sementara, aturan tersebut menjadi permanen pada 2003.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Pesawat Tak Boleh Terbang Melintasi Kabah

2. Tibet

Sichuan-Tibet Highway, China
Shutterstock Sichuan-Tibet Highway, China

Tibet dianggap sebagai salah satu daerah yang paling tinggi di dunia, dengan ketinggian rata-rata di wilayah tersebut naik sekitar 16.000 kaki (4.877 meter).

Hal itu juga menjadikan Tibet salah satu wilayah di dunia dengan zona larangan terbang alami, karena berbagai faktor seperti pegunungan tinggi yang terletak di dalam perbatasannya.

Meskipun sebagian besar pesawat komersial mampu terbang di ketinggian di atas pegunungan, rute penerbangan biasanya menghindari pegunungan tinggi di area tersebut demi keselamatan penumpang.

Baca juga: Hanya Sedikit Pesawat yang Terbang di Atas Wilayah Tibet, Ini Sebabnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.