Kompas.com - 01/07/2022, 14:25 WIB

KOMPAS.com - Setelah mengunjungi Ukraina, Presiden Joko Widodo bertolak ke Rusia sebagai agenda lawatan luar negeri yang ia laksanakan.

Jokowi beserta rombongan mendarat di Moskow, Kamis (30/6/2022), pukul 11.00 waktu setempat di Bandara Vnukovo II.

Presiden diketahui hanya sehari berada di Rusia sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Uni Emirat Arab, Kamis (30/6/2022) malam.

Dalam kunjungan singkatnya itu, berikut adalah agenda yang dijalankan oleh Presiden Joko Widodo di Rusia:

1. Bertemu Presiden Vladimir Putin

Bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin nampaknya menjadi agenda tunggal Jokowi mendatangi negara itu.

Dilansir dari situs Presiden RI, pertemuan dua kepala negara itu berlangsung di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Ada sejumlah hal yang dibicarakan keduanya, baik terkait sikap Indonesia atas konflik Rusia-Ukraina, maupun terkait urusan ekspor berbagai komoditas dari kedua negara tersebut.

Baca juga: Agenda Jokowi Sehari di Ukraina, Bertemu Zelensky dan Undang ke KTT G20

2. Membawa misi perdamaian

Sama seperti tujuan saat berkunjung ke Ukraina, Presiden Jokowi juga membawa misi perdamaian ketika mengunjungi Rusia dan bertemu Putin.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama dengan Presiden Putin di Ruang Ekaterina Istana Kremlin.

Meski masih sulit diwujudkan, namun Jokowi berharap kedua pihak yang berkonflik terus mengupayakan perdamaian dengan dialog-dialog terbuka.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.