Kompas.com - 01/07/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Hari Bhayangkara atau kerap dikenal dengan Hari Ulang Tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia (HUT Polri) diperingati setiap tahunnya, tepatnya pada 1 Juli.

Perayaan Hari Bhayangkara ini telah dilaksanakan sejak 1946. Artinya, tahun ini usia Polri telah menginjak 76 tahun, Jumat (1/7/2022).

Dilansir dari Humas Polri, anggota Polri akan menggelar beragam kegiatan untuk merayakan HUT ke-76 Polri ini. Salah satunya dengan melaksanakan upacara ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Setia Negara Kabupaten Pelalawan pada Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Apa Itu Hari Bhayangkara dan Sejarah di Balik Penetapannya?

Sejarah Hari Bhayangkara Polri 2022

Awalnya, momentum Hari Bahyangkara Polri bertepatan dengan dikeluarkannya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946, yang mengamanatkan tanggung jawab satuan kepolisian untuk langsung berada di bawah Perdana Menteri (kini Presiden).

Peraturan tersebut berlaku mulai 1 Juli 1946, yang sekaligus dijadikan sebagai hari Bhayangkara.

Dikutip dari Kompas.com, sebelumnya penetapan peraturan itu, kepolisian masih ada di bawah Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara untuk urusan administrasi.

Akan tetapi pertanggungjawaban operasional dilakukan kepada Jaksa Agung.

Adapun nama Bhayangkara merupakan istilah yang digunakan Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan yang bertugas menjaga raja dan kerajaan kala itu.

Baca juga: Gaji Perwira Polisi Indonesia

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.