Kompas.com - 27/06/2022, 18:06 WIB

KOMPAS. com - Sebuah video beredar di media sosial, menunjukkan seorang pengendara sepeda motor kesulitan menggerakkan kendaraannya yang tengah menyeberang lintasan kereta api.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah Instagram @infodepok_id, Sabtu (25/6/2022).

Pengendara perempuan itu mencoba sekuat tenaga untuk membuat sepeda motornya bergeser dan keluar dari rel, bahkan ia sempat turun dari motornya, berharap tenaga yang dikeluarkan bisa lebih kuat sehingga motor bisa digerakkan.

Namun, dalam video dengan durasi kurang lebih 10 detik itu, motor belum juga berhasil digerakkan.

Ada yang menyebut sepeda motor tidak bisa digerakkan akibat terbenam dalam bebatuan rel, namun tak sedikit yang menyebut hal itu terjadi lantaran pengaruh medan magnet karena kereta akan melintas.

Terkait asumsi kedua, benarkah kereta yang akan melintas bisa menyebabkan mesin kendaraan mati sehingga kendaraan jadi sulit bergerak melintasi rel?

Baca juga: Tambahan Jadwal Perjalanan Kereta Api 27-30 Juni 2022

Penjelasan PT KAI

Menanggapi hal itu, PPNS Perkeretaapian Bagas Senoadji, Senin (27/6/2022), memberikan penjelasan. Bahwa tak selalu mesin mati saat melintasi rel kereta api. Karena nyatanya banyak pula kendaraan yang mesinnya tak mati ketika melintasi rel kereta api.

Disebutkan bahwa mesin kendaraan bisa mati di mana saja dan dengan penyebab bermacam-macam. Menurut Bagas, dari data Federal Railroad Association (FRA) di Amerika, hanya ada 320 kali insiden dan hanya 6 kali yang mobil tak bisa dinyalakan. 

Dari beberapa faktor penyebab mobil kecelakaan dengan kereta, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mesin mobil mati di atas rel. 

Pertama, adanya problem pada mesin secara mekanikal. Kedua, mesin tidak menyala lantaran pengemudinya panik ketika akan menyalakan kembali mesin. Dan ketiga, kendaraan terjebak di tengah-tengah rel sehingga tak bisa melewati rel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.