Kompas.com - 26/06/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional atau International Day Against Drug Abuse jatuh pada 26 Juni setiap tahunnya.

Hari Anti Narkotika Internasional ini bertujuan sebagai pengingat akan bahaya penyalahgunaan narkotika yang masih dilakukan oleh masyarakat di dunia.

Pada tahun 2020 saja, World Drugs Report mencatat terdapat sekitar 269 juta masyarakat di dunia yang menyalahgunakan penggunaan narkoba.

Menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1, narkotika adalah zat buatan ataupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Baca juga: Kronologi Gitaris Kahitna Andrie Bayuajie Ditangkap karena Narkoba

Sejarah Hari Anti Narkotika Internasional

Dikutip dari laman United Nations, peringatan Hari Anti Narkotika Internasional bermula dari keputusan yang dikeluarkan oleh Majelis Umum PBB pada 7 Desember 1987.

Saat itu, Majelis Umum PBB memutuskan untuk memperingati 26 Juni sebagai Hari Anti Narkotika Internasional. Peringatan tersebut merupakan bentuk penentangan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Pasalnya di tanggal yang sama, kasus perdagangan opium di Humen, Guangdong, China, berhasil diungkap oleh Lin Zexu, seorang pejabat pada masa Dinasti Qing.

Lin Zexu dikenal sebagai pejabat yang gigih menentang perdagangan opium di China oleh bangsa-bangsa asing.

Saat itu, tepatnya pada 26 Juni 1839, Lin Zexu berhasil memusnahkan opium dan membuangnya ke laut.

Aksi pemberantasan opium oleh Lin Zexu ini disusul dengan kebijakan larangan perdagangan opium oleh kekaisaran China.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.