Kompas.com - 26/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen).

Dilansir dari humas.polri.go.id, Selasa (21/6/2022), dalam surat telegram Nomor ST/1214/VI/KEP./2022, sebanyak 120 personel Polri dirotasi.

Sejumlah polisi wanita (Polwan) yang mendapat rotasi dan mutasi menduduki penempatan strategis. Di antaranya kenaikan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) hingga jabatan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres).

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penempatan Polwan pada posisi strategis ini tak lain komitmen pimpinan Polri dalam hal kesetaraan gender.

Baca juga: Viral, Foto Pemotor Kena Tilang Elektronik karena Tidak Pakai Helm Saat Berkendara di Jalan Persawahan, Ini Kata Polisi

Daftar Polwan yang menempati posisi strategis

Berikut sejumlah Polwan yang menempati posisi strategis di Polri:

  1. Irjen Juansih: dipromosikan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk 1 Sespim Lemdiklat Polri
  2. AKBP Wahyuni Sri Lestari: Kapolres Bukittinggi
  3. Kombes Nurul Azizah: dipromosikan menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri
  4. AKBP dr Siti Nur Imanta: dipromosikan sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar
  5. AKBP Titik Wahyuningsih: Kabidkeu Polda Banten
  6. Kombes Endang Sri wahyu Utami: Kabidkeu Polda Bali
  7. Kombes Heni Kresnowati: Kabidkeu Polda Jabar
  8. Kombes Yuliani: Kabidkum Polda Banten.

Dedi mengatakan, penempatan Polwan merupakan komitmen Kapolri terhadap kesetaraan gender.

Ia menegaskan, Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Menurutnya, kesetaraan gender harus diperjuangkan instansi.

"Sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri," tuturnya.

Baca juga: Viral, Video Pemakai Sandal Jepit di Depok Dapat Surat Teguran dari Polisi, Ini Penjelasannya

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat memberi keterangan pers di Polda NTB, Jumat sore (12/10)Kompas.com/fitri Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti saat memberi keterangan pers di Polda NTB, Jumat sore (12/10)

Kompolnas mengapresiasi

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengapresiasi langkah Polri usai mempromosikan banyak Polwan dalam mutasi jabatan terakhir.

Poengky menyoroti banyak Pamen Polwan yang kinerjanya nampak diapresiasi, khususnya para Polwan dengan pangkat Kombes dan AKBP.

"Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif," tuturnya.

Ia berharap, Kapolri bisa mempromosikan lebih banyak Polwan. Terlebih, banyak Polwan yang menoreh prestasi dan tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki.

"Kami harap dalam TR-TR (Surat Telegram) selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi," pungkasnya.

Baca juga: Viral, Foto Para Tahanan Disebut Pelaku Begal di Polres Ende Selfie Sambil Merokok dan Pakai Topi Polisi, Ini Kata Polda NTT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.