Menteri Baru dan Menteri yang Selamat dari "Reshuffle" di Periode Kedua Jokowi

Kompas.com - 16/06/2022, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Reshuffle kabinet kembali dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/6/2022).

Jokowi melantik mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil, dan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Selain dua menteri baru, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri baru di Istana Merdeka, Rabu siang kemarin, untuk melengkapi formasi baru Kabinet Indonesia Maju.

Tiga wakil menteri tersebut adalah Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Afriansyah Ferry Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), dan John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (15/6/2022), Hadi Tjahjanto, kelahiran Malang 8 November 1963, akhirnya kembali lagi ke lingkup pemerintahan setelah sebelumnya ia menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa pada 19 November 2021 karena purnatugas.

Baca juga: Reshuffle Kabinet Jokowi, Kepentingan Politik atau Memperkuat Kinerja? 

Sedangkan Zulkifli Hasan, juga bukan orang baru di lingkar pemerintahan Indonesia. 

Pria kelahiran Lampung 17 Mei 1962 ini terjun ke dunia politik berkendara PAN. Terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Lampung dalam Pemilu Legislatif 2004, kemudian terpilih sebagai Ketua Fraksi PAN di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Zulfikli Hasan terpilih menjadi Menteri Kehutanan pada 2009, melengkapi kabinet era Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, Zulfikli Hasan terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2014-2019.

Di tahun 2015, Zulfikli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum PAN melalui kongres pada Maret 2015 menggantikan Hatta Rajasa. Dalam Kongres V PAN pada Februari 2020, Zulkifli kembali terpilih sebagai ketua umum periode 2020-2025. 

Baca juga: Alasan Jokowi Tunjuk Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri

Menteri yang selamat dari reshuffle

Dilansir dari Kompas.com (15/6/2022), rumor soal reshuffle sudah berhembus setahun terakhir. Terutama ketika ada beberapa menteri yang kena tegur Jokowi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.