Kompas.com - 13/06/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi terkait warganet yang menanyakan apakah betul vitamin C bisa bermanfaat untuk kulit viral di media sosial pada Jumat (10/6/2022).

"Lewat efYpe tikt0k, emng beneran bisa ngaruh ke kulit? se worth it apa guyss," tulis pengunggah dalam twit-nya.

Twit juga dilengkapi dengan tangkapan layar seorang perempuan yang mengonsumsi vitamin C secara rutin yakni 3-4 kali dalam seminggu.

Hingga Senin(13/6/2022) pagi, twit itu sudah diretwit sebanyak 583 kali dan disukai sebanyak 11.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Viral soal Unggahan 5 Waktu Tidur yang Tidak Disarankan, Ini Kata Dokter

Lalu, benarkah vitamin C bermanfaat bagi kesehatan kulit?

Penjelasan dokter

Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr Ismiralda Oke Putranti mengatakan bahwa memang benar ada banyak manfaat vitamin C bagi kulit.

"Vitamin C memang banyak manfaatnya tidak hanya ke kulit tapi juga untuk semua sel dalam tubuh kita," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Ia menjelaskan, vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk menekan terjadinya stres oksidatif yang terjadi pada tubuh akibat radikal bebas yang dapar merusak sel dan jaringan.

Baca juga: Respons KAI soal Twit Viral Disebutkan Ibu Hamil Kelelahan Naik Turun Tangga di Stasiun Cakung

Pemenuhan kebutuhan vitamin C harian amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Unsplash/Avdalyan Pemenuhan kebutuhan vitamin C harian amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Vitamin C pada kulit juga dapat menghambat fungsi revisi enzim tirosinasi dalam pembentukan eumelanin (pigmen yang gelap).

Enzim ini mampu mengubah pigmen gelap menjadi pigmen yang lebih terang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.