Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan Hadiri Undangan Anies Baswedan di Jakarta E-Prix 2022, Safari Politik?

Kompas.com - 06/06/2022, 16:05 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemunculan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani saat menghadiri perhelatan Formula E, Sabtu (4/6/2022), mencuri banyak perhatian masyarakat.

Dalam foto-foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya @puanmaharaniri, putri dari Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, ini nampak duduk bersama sederet pejabat tinggi yang lain.

Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, juga anggota DPR RI Ahmad Sahroni yang menjadi Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta.

Warganet pun banyak yang menduga dirinya tengah melakukan safari politik menjelang pemilihan presiden 2024.

Banyak yang mengira Puan sedang melirik Anies untuk maju bersama dalam bursa capres-cawapres nanti.

"Makin deket aja ya bu sama pak Anies? Ada apa?" tulis salah satu warganet.

"Isyarat apakah ini, mungkinkah ibu @puanmaharaniri akan berduet dengan bapak @aniesbaswedan di Pilpres yang akan datang?" tulis akun yang lain.

Baca juga: Puan Duduk Diapit Jokowi dan Anies di Formula E, PDI-P: Duduk Bersama Hal yang Baik

Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun menyebut tidak heran jika banyak masyarakat yang menafsirkan Puan tengah melakukan penjajakan dengan tokoh-tokoh lain, menjelang Pilpres 2024.

"Dalam perspektif politik setiap langkah atau aktivitas tokoh politik apalagi sekelas ketua DPR-RI dan dalam situasi tensi politik yang tinggi, sangat memungkinkan ditafsirkan sebagai sesuatu yang politis," kata pria yang akrab disapa Kang Ubed saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Ia menilai kehadiran Puan Maharani di ajang Formula E itu memang kental akan nuansa politis, meskipun Puan sendiri mungkin tidak memiliki niat ke arah itu.

"Tafsir politis itu misalnya bisa saja itu ditafsirkan sebagai safari politik Puan menuju 2024," kata Ubed.

Tak hanya selfie dengan Anies Baswedan, keberadaan puan yang tak mendapat jatah menyerahkan piala kepada para juara di podium juga menjadi pembicaraan.

Berbeda dengan Jokowi, Bamsoet, dan Ahmad Sahroni yang turut memberikan piala bagi para juara di podium, Puan tidak berkesempatan untuk itu.

Baca juga: Mengintip Alasan Crazy Rich Grobogan Sponsori Balapan Formula E

"Soal urgensinya yang tidak ada dan memang tidak diberi ruang untuk seremoni pemberian hadiah kepada para pemenang, itu konsekuensi dari kurangnya kalkulasi politik Puan dalam melihat momentum tersebut," jelas Ubed.

Namun, Puan menyebutkan kehadirannya dalam Formula E Jakarta adalah memenuhi undangan dari Anies.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com