Pesona Pantai Plengkung, Tuan Rumah Kompetisi Selancar Dunia WSL Banyuwangi 2022

Kompas.com - 29/05/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan selancar dunia atau World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022

Kejuaraan tersebut digelar pada 28 Mei hingga 6 Juni 2022 di Pantai Plengkung (G-land), Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Melalui event tersebut diyakini akan mengangkat citra pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan jika nantinya jutaan pasang mata akan melihat langsung keindahan ombak dan Pantai Plengkung.

"Diperkirakan akan ada jutaan orang menonton kejuaraan ini melalui streaming dari berbagai belahan dunia," katanya dikutip dari laman Kemenparekraf, Sabtu (28/5/2022).

Sandiaga mengungkapkan jika WSL adalah salah satu liga selancar paling bergengsi di dunia dengan social engagement tertinggi ketiga untuk ajang perlombaan olahraga di dunia.

Dengan adanya event sport tourism surfing tersebut diharapkan dapat membangkitkan sektor parisiwata dan ekonomi kreatif di Indoensia.

"Ditambah quality of spending atau jumlah biaya yang dikeluarkan juga tinggi, sehingga sangat berpengaruh pada kebangkitan pariwisata,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Liga Selancar Dunia yang Diadakan di Pantai Plengkung Banyuwangi

Memiliki ombak terbaik kedua di dunia

Dilansir dari laman Kemenparekraf, Pantai Plengkung atau yang lebih dikenang oleh wisatawan mancanegara dengan G-land terletak di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Pantai ini menjadi destinasi favorit turis asing, karena dianggap sebagai salah satu surga tersembunyi bagi peselancar.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.