Usia di Atas 65 Tahun Gagal Berangkat Haji Tahun Ini, Lantas Bagaimana Nasib Jemaah Lansia?

Kompas.com - 29/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah haji di tahun 2022.

Namun, ada beberapa syarat yang mereka berlakukan untuk pelaksanaan haji kali ini, salah satunya adalah aturan batas usia jemaah.

Mereka yang diizinkan melaksanakan ibadah haji adalah jemaah yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap yang jenis vaksinnya disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi.

Terkait dengan hal ini banyak yang lantas menanyakan, bagaimana nasib calon jemaah haji yang usianya di atas 65 tahun sehingga tidak bisa diberangkatkan di tahun ini?

"Untuk tahun ini saja pembatasan usia? Untuk ke depannya usia di atas 65 akan diutamakan? Apakah itu benar pak?" tanya seorang netizen di kolom komentar unggahan Instagram @kemenag_ri.

"Apa kabar yang udah daftar haji giliran berangkat umur yg 65 tahun ditolak. Tetangga saya kasihan atuh," tulis akun yang lain.

Baca juga: Aturan Usia Haji Maksimal 65 Tahun Berlaku Sementara atau Seterusnya?

Terkait hal tersebut, Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), Noer Alya Fitra, mengatakan aturan batasan usia ini sifatnya sementara.

"Sementara hanya tahun ini saja,” kata dia, Rabu (25/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Oleh karena itu, calon jemaah haji yang berusia di atas 65 tahun diminta untuk kembali menunggu, karena tidak menutup kemungkinan di tahun depan mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Direktur Bina Haji Kemenag, Arsad Hidayat bahkan mengimbau agar mereka tidak menarik setoran awal haji yang sudah dibayarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.