Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Cerita Penumpang yang Mengaku Tertinggal Kereta karena Diberangkatkan Lebih Awal dari Yogyakarta, KAI: Tipu-tipu Itu

Kompas.com - 29/05/2022, 07:38 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta Supriyanto angkat bicara perihal viral cerita penumpang yang mengaku tertinggal kereta yang disebutkan diberangkatkan lebih awal dari Yogyakarta.

Pihaknya menampik adanya kereta api yang diberangkatkan lebih awal dari waktunya seperti yang disebutkan pada unggahan yang viral di media sosial (medsos) tersebut.

Supriyanto menegaskan, narasi yang diceritakan oleh pengunggah tersebut tidak benar.

"Enggak mungkin terjadi KA penumpang berangkat mendahului. Tipu-tipu itu," jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu (28/5/2022) siang.

Baca juga: Penjelasan KAI soal Video Viral Penumpang KRL Bayar di Dalam Kereta

Selain menampik adanya pemberangkatan lebih awal, pihaknya juga menampik adanya kompensasi berupa potongan harga tiket untuk keberangkatan pada hari berikutnya yang juga disebutkan pada unggahan viral tersebut.

"Ndak ada potongan harga untuk pembelian (tiket) besoknya," katanya lagi.

Supriyanto menjelaskan, perjalanan KA penumpang sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket dan tidak akan berangkat lebih cepat dari jadwal.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya meminta masyarakat atau penumpang yang hendak naik kereta api agar memperhitungkan jarak dan waktu tempuh serta kondisi lalu lintas saat perjalanan menuju stasiun.

"Khususnya hari libur, agar berangkat lebih awal dari rumah, agar tidak terjebak macet dan ketinggalan KA," pungkasnya.

Baca juga: Viral, Video Kereta Api Berhenti di Terowongan Sasaksaat, Apa Penyebabnya?

Unggahan telah dihapus

Sebagaimana diberitakan, unggahan berisi cerita dari penumpang yang mengaku tertinggal kereta api (KA) yang diberangkatkan lebih awal dari Stasiun Yogyakarta, viral di media sosial.

Penumpang tersebut juga mengeklaim diberi kompensasi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) berupa potongan harga tiket untuk keberangkatan hari berikutnya.

Cerita tersebut diunggah oleh akun Facebook ini, pada Selasa (24/5/2022). Namun, unggahan tersebut kini telah dihapus.

Baca juga: Update Jadwal Kereta Api Medan Binjai 2022

Sebelum dihapus, Kompas.com sempat menangkap layar unggahan tersebut.

Berikut narasi atau cerita yang dituliskan pemilik akun:

"Qodarullah mestinya naik KA jam 8.50 wib...krn macet jalanan sampai Stasiun Tugu Yogya jam 08.40 wib dg grab motor...kereta nya sdh berangkat ke Jakarta 10 menit sebelum waktunya...komplain ke petugas disarankan naik KA di hari berikutnya dan dikasih kompensasi pembayaran alias discount 145 rb jadi harga 350 rb...# edisi gagal paham kok bisa ya." 

Baca juga: Unduh Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru Mulai 28 Mei 2022, Ada Perubahan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com