Kompas.com - 28/05/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) 2022 gelombang II akan dimulai hari ini, Sabtu, 28 Mei 2022.

UTBK-SBMPTN 2022 dilaksanakan secara bergelombang, pertama pada 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Materi yang diujikan terdiri dari 3 materi dasar, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPA), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Baca juga: Daftar Dokumen yang Wajib Dibawa Saat UTBK SBMPTN 2022

Ketiga tes tersebut akan diujikan kepada Kelompok Saintek, Soshum dan Campuran. Namun untuk Kelompok Campuran akan terdapat materi tambahan TKA Saintek dan TKA Soshum.

Perlu diketahui, waktu melaksanakan UTBK-SBMPTN 2022 peserta harus berpakaian rapi dengan pakaian berkerah, menggunakan sepatu dan memakai masker.

Selain itu, peserta ujian juga harus membawa beberapa persyaratan berupa dokumen yang nanti akan dicek petugas saat akan mengikuti ujian.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Peserta Saat UTBK-SBMPTN 2022

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh LTMPT OFFICIAL (@ltmptofficial)

Baca juga: Jadwal UTBK-SBMPTN 2022 Saintek dan Soshum

Lantas, apa saja tata tertib dan alokasi waktu saat mengikuti ujian UTBK-SBMPTN 2022 yang harus diperhatikan oleh peserta?

Dokumen yang harus dibawa peserta

Ketika akan melakukan ujian, peserta dianjurkan untuk tiba di lokasi ujian 45 menit lebih awal sebelum waktu ujian dimulai.

Dilansir dari Instagram @ltmptofficial, berikut adalah beberapa dokumen yang harus dibawa dan diperhatian oleh peserta UTBK-SBMPTN 2022:

  • Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022.
  • Bagi angkatan 2022 membawa surat ketetangan kelas 12 yang sudah dilegalisir dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru.
  • Bagi lulusan 2020 dan 2021 diharuskan membawa fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir.
  • Identitas diri seperti KTP, SIM atau Kartu Pelajar.

Selain itu, peserta UTBK-SBMPTN 2022 diperbolehkan menggunakan pakaian bebas seperti kemeja atau kaus berkerah serta mengguna sepatu di lokasi ujian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.