Kompas.com - 27/05/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah foto yang menunjukkan seorang anak dengan kondisi lepuh besar viral di media sosial. Anak itu disebut terinfeksi cacar monyet.

Dilansir Malay Mail, Rabu (25/5/2022), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Malaysia memastikan belum menerima pemberitahuan terkait infeksi monkeypox atau cacar monyet pada anak yang dikatakan di media sosial terinfeksi virus.

“Jika video viral itu benar, wali disarankan untuk segera membawa anak tersebut ke fasilitas kesehatan pemerintah terdekat untuk pemeriksaan dan pengobatan,” kata Kemenkes Malaysia melalui Twitter.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Cacar Monyet, Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya

Masyarakat juga diimbau untuk tidak menyebarkan berita yang belum terverifikasi.

Sehari kemudian, Kemenkes Malaysia membantah kabar yang menyebut adanya anak terinfeksi cacar monyet. Itu diisukan sebagai kasus pertama cacar monyet di Malaysia.

Akan tetapi anak berusia 3 tahun itu tertular Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut yang disebut juga flu Singapura.

Baca juga: Update Kasus Konfirmasi Cacar Monyet, Tersebar di 14 Negara, Mana Saja?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.