Kompas.com - 27/05/2022, 18:30 WIB


KOMPAS.com - Menggelar rapat atau pertemuan melalui sambungan video di era pandemi Covid-19 nampaknya sudah menjadi kebiasaan baru bagi banyak kalangan.

Mulai dari karyawan atau pegawai yang menggelar rapat, guru dan murid yang melaksanakan proses belajar-mengajar, bahkan konser musik yang disaksikan para penontonnya melalui layar komputer.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Zoom. Kehadiran aplikasi yang memungkinkan dilakukannya panggilan video beregu ini sangat membantu di tengah larangan untuk berkumpul di masa wabah.

Tak jarang, suatu pertemuan bahkan berlangsung begitu panjang, sehingga kita kesulitan untuk mencatat apa saja poin-poin yang disampaikan.

Tak jarang juga, dalam satu hari kita memiliki jadwal Zoom meeting maraton, sehingga kita tidak bisa mengingat persis materi apa saja yang disampaikan selama rapat berlangsung.

Dalam momentum seperti itu, kita kemudian merasa perlu untuk merekam rapat agar kita bisa mendengar atau melihat kembali materi yang kita lupa namun ingin kita ketahui.

Bisakah kita sebagai peserta rapat (bukan sebagai penyelenggara atau host) merekam pertemuan di Zoom?

Jawabannya adalah bisa, selama penyelenggara memberikan izin kepada kita untuk melakukan perekaman.

Baca juga: Apa Itu Breakout Room di Zoom dan Cara Membuatnya

Berikut adalah cara merekam pertemuan Zoom melalui laptop atau komputer, dikutip dari Business Insider:

1. Pada bagian "Home" di aplikasi Zoom, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.