Kompas.com - 27/05/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Unggahan perihal informasi tindakan lasik pada mata seorang warganet baru-baru ini viral di media sosial.

"Pas banget sekarang lagi ada waktu senggang, aku mau share pengalaman lasik mata ku. Bye bye kacamata dan contact lens!" tulis pengunggah dalam twitnya.

Ia juga mengunggah beberapa foto kondisinya sebelum dan setelah dilakukan tindakan lasik.

Baca juga: Simak, Ini 8 Cara untuk Mencegah Kelelahan pada Mata

Hingga Rabu (24/5/2022), twit itu sudah diretwit sebanyak 5.071 kali dan disukai lebih dari 32.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Viral, Video Kereta Api Berhenti di Terowongan Sasaksaat, Apa Penyebabnya?

Lalu, apa itu lasik dan kondisi seperti apa yang disarankan untuk melakukannya?

Mengenal apa itu lasik

Dokter spesialis mata di JEC Hospitals sekaligus staf pengajar di Departemen Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Tri Rahayu menjelaskan, lasik adalah tindakan bedah menggunakan sinar laser untuk mengubah bentuk kornea sehingga bisa mengoreksi gangguan minus dan silinder.

"Lasik dilakukan untuk mengoreksi gangguan penglihatan, mata minus dan atau silinder yang tidak dapat atau tidak mau menggunakan kacamata atau lensa kontak," ujar Tri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/5/2022).

Menurut dia, lasik dapat dilakukan dan sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami gangguan mata minus/silinder yang berbeda antar mata kanan dan kiri.

"Karena pada keadaan adanya perbedaan ukuran minus dan silinder yang besar antara ke dua mata, tidak bisa dikoreksi menggunakan kacamata karena bisa menyebabkan keluhan pusing saat memakai kacamata dengan perbedaan kanan kiri yang besar," lanjut dia.

Terkait harga tindakan lasik, Tri menyampaikan bahwa harganya bisa berbeda-beda tiap daerah, dan juga bergantung pada mesin yang dipakai.

Baca juga: Viral soal Video Tato di Mata, Apa Bahayanya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.