Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Guardiola Akan Menggembleng Timnas Brasil?

Kompas.com - 26/05/2022, 05:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEBENARNYA saya mengharap Liverpool mampu menggulingkan Manchester City dari tahta singgasana Liga Premiere agar MC tidak terlalu euforia sehingga takabur akibat empat kali berjaya menjadi juara Liga Premiere dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Ternyata harapan saya tak terkabul. Tidak diragukan lagi peran manajer sangat berarti bagi kejayaan club sepakbola di liga mana pun juga.

Kebetulan fakta membuktikan bahwa manajer petahana Manchester City, Josep Guardiola Sala merupakan manajer paling sukses gilang-gemilang di La Liga, Bundes Liga mau pun Liga Premiere.

Saya mulai tertarik pada Josep Guardiola Sala sejak pada tahun 2013 saat sang pelatih legendaris kelahiran Sanrpedor, Spanyol pindah dari Barcelona ke Muenchen untuk menggembleng Bayern Muenchen berjaya merajai Bundes Liga di Jerman.

Kemudian Pep Guardiola pindah dari Jerman ke Inggris untuk melatih Manchester City empat kali dalam kurun waktu lima tahun merajai Liga Premiere di Inggris .

Sebelum menjadi manajer, sebagai pesepakbola Guardiola adalah tokoh gelandang poros tengah yang lazim bergerilya sebagai deep-lying playmaker.

Pep cukup lama bergabung di Barcelona sebagai bagian dari Dream Team-nya Johan Cruyff yang membawa Barcelona pertama kali memenangkan Piala Eropa pada tahun 1992 di samping empat kali berturut-turut menjuarai Liga Spanyol.

Pep menjadi kapten Barcelona sejak tahun 1997 sampai dengan 2001 sebelum bergabung ke Brescia dan Roma, Al-Ahli di Qatar dan Dorados de Sinaloa di Meksiko.

Pep 47 kali tampil bersama tim nasional Spanyol serta ikut berlaga di Piala Dunia FIFA 1994 and UEFA Euro 2000.

Atas rentetan prestasi yang memang luar biasa dahsyat maka pada tahun 2011 Josep Guardiola Sala memperoleh anugerah Medali Emas Parlemen Katalan serta pada tahun yang sama dinobatkan oleh masyarakat sepakbola dunia sebagai FIFA World Coach of The Year.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.