Kompas.com - 25/05/2022, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Twit soal rem mobil blong viral di media sosial Twitter. Twit tersebut diunggah oleh akun ini pada Minggu (22/5/2022).

Twit tersebut melampirkan sebuat tangkapan layar video di akun media sosial lain, yaitu Tik Tok.

Dalam twit tersebut, pengunggah mempertanyakan penanganan ketika rem mobil blong.

"Pernah gak sih mikir kalau rem mobil blong, kenapa gak dicabut aja kunci mobilnya pasti nanti otomatis mati," tulis twit tersebut.

Hingga Rabu (25/5/2022), twit tersebut telah dikomentari oleh 1.373 pengguna akun Twitter dan disukai oleh 13.000 warganet di Twitter.

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Truk Tronton Diduga Rem Blong Tabrak Sejumlah Kendaraan di Balikpapan

Respon warganet

Ribuan warganet di media sosial Twitter ikut memberikan komentar terhadap twit yang viral tersebut.

Sebagian dari mereka tidak menyarankan untuk mencabut kunci kendaraan ketika rem mobil blong.

"Saat rem blong, harapan kamu cuma ada pada engine break dan kendali steer. Nah, kalau mesin kamu matiin dan cabut kunci yang ada steer kamu kekunci dan engine break ilang. Mobil meluncur tanpa bisa dikendaliin," tulis sebuah akun.

"Aku pernah ikut diklat keselamatan lantas, jadi di kendaraan itu ada yang namanya engine break serupa pengendali gas gitu, nah sistem ini hidupnya ya pas mesin kendaraan nyala. Kalo kendaraannya mati, yang ada meluncurnya bakal loss, dan gak bisa dikendalikan. Jadi lebih bahaya. Cmiiw," unggah akun lainnya.

"Cara yang benar hadapi kondisi rem blong, turunkan gear/gigi satu persatu secara bertahap, pelan-pelan tarik tuas rem tangan. Jika dalam tol, cari emergency safety stop. Jangan panik apalagi sampai mematikan mesin, power steering tidak akan berfungsi dan setir akan terkunci," tulis akun ini.

"Pake engine break, jadi turunin ke gigi berurutan jangan digas, terus pas gigi 1 lepas kopling injek lagi lepas lagi gitu terus sampai melambat," ungkap akun lain.

Lantas, sebenarnya apa yang sebaiknya dilakukan saat rem mobil blong?

Baca juga: Berkaca dari Kecelakaan Purbaleunyi, Ini Cara Atasi Rem Blong

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.