Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenapa Perempuan Sering Menyerah pada Mimpinya?

Kompas.com - 25/05/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Setiap orang berhak untuk mempunyai mimpi dan menggapainya. Akan tetapi, terkadang ada saja hambatan yang bisa menghalanginya. Terlebih, bagi perempuan yang terkadang masih memiliki stigma di masyarakat.

Meskipun terdapat sebesar 36,20 persen jumlah pekerja formal dengan jenis kelamin perempuan pada 2021, namun data tersebut nyatanya tak mencakup mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil.

Sering kali, perempuan di sana kesulitan untuk menggapai mimpi karena keterbatasan norma atau adat yang masih mengerdilkan mereka.

Jika dilihat lebih luas lagi, Global Dreams Index Survey memperlihatkan bahwa ada lebih dari setengah perempuan dari populasi dunia yang menyerah pada mimpinya. Hal ini membuktikan kalau meraih mimpi itu membuat kita harus mengorbankan banyak hal di sekitar.

Meskipun begitu, dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Putri Tanjung, Berhenti Membatasi Mimpi”, Putri Tanjung, pengusaha dan staf khusus presiden, mengatakan bahwa, “Kamu cantik because of how strong you are. Dan kamu cantik ketika kamu mengejar mimpimu.”

Menurutnya, kepercayaan diri bisa membuat para perempuan tidak menyerah dalam keadaan sesulit apa pun. Ketika sudah mengenali diri, kita akan tahu tujuan hidup dan bagaimana cara meraihnya.

Oleh karena itu, biasanya ada dua faktor utama yang menyebabkan perempuan sulit untuk menggapai mimpinya.

1. Minim Dukungan

Tak bisa dimungkiri bahwa dukungan merupakan salah satu faktor penting untuk kesuksesan seseorang. Wujudnya pun bisa bermacam-macam, seperti dukungan moral, ekonomi, atau afirmasi.

Baca juga: Kisah Reisha Hadapi Beauty Shaming hingga Mampu Bangkit

Banyak perempuan yang dihentikan mimpinya karena kata-kata yang menusuk dari orang sekitar. Daripada memberi dukungan, mereka justru menyuruh para perempuan untuk tetap realistis dan menerima keadaan yang ada. Padahal, itu bisa diubah dengan niat dan usaha.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.