Kompas.com - 25/05/2022, 08:35 WIB

KOMPAS.com - Tahun ini, setidaknya Indonesia akan memberangkatkan 92.825 jemaah haji ke Arab Saudi.

Ini merupakan tahun pertama usai penyelenggaraan haji vakum selama dua tahun lantaran pandemi Covid-19.

Meski telah mengizinkan jemaah dari luar negeri, namun Arab Saudi tetap mensyaratkan beberapa hal kepada para calon jemaah.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com (10/4/2022), syarat tersebut meliputi usia jemaah di bawah 65 tahun menurut kalender Masehi, dan sudah menerima dosis lengkap vaksin Covid-19.

Selain itu, Arab Saudi juga mengharuskan calon jemaah untuk melampirkan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Artinya, calon jemaah dari seluruh dunia tidak boleh terinfeksi virus corona sebelum berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Lantas, bagaimana jika calon jemaah haji ternyata positif Covid-19 sebelum keberangkatan?

Baca juga: Rincian Biaya Haji dan Cara Cek Nama Calon Jemaah Haji 2022

Keberangkatan ditunda

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Sylvana mengatakan, jemaah haji yang positif Covid-19 akan ditunda keberangkatannya.

"Jemaah haji yang sewaktu akan berangkat positif Covid-19, harus ditunda keberangkatannya sampai sembuh," ujar Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Pasalnya, syarat mutlak untuk memasuki Arab Saudi adalah hasil negatif dari tes polymerase chain reaction atau PCR kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.