Kompas.com - 23/05/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya hewan yang imut atau lucu, ada juga hewan dengan penampilan yang dianggap jelek, aneh, hingga menyeramkan.

Walaupun memiliki tampilan atau bentuk tubuh begitu, ternyata bentuk tersebut memiliki fungsi bagi beberapa hewan untuk bertahan hidup di habitatnya.

Dilansir dari Treehugger, situs yang berfokus pada pelestarian keanekaragaman hayati telah merilis daftar hewan-hewan dengan bentuk teraneh.

Di urutan pertama, terdapat burung kondor california yang berkepala botak dan ada juga ikan blobfish yang berbentuk seperti bola lendir.

Berikut daftar hewan terjelek di dunia:

Baca juga: Hewan-hewan Paling Lambat di Dunia, Apa Saja?

1. Burung Condor California

Burung condor California diketahui bisa melakukan reproduksi aseksual Courtesy of the San Diego Zoo via LIVE SCIENCE Burung condor California diketahui bisa melakukan reproduksi aseksual
Burung Condor California merupakan salah satu burung paling langka di dunia dan burung darat terbesar di kawasan Amerika Utara.

Burung berkepala botak ini dapat berada dalam daftar hewan terjelek karena memiliki penampilan yang tidak begitu fotogenik.

Namun, memiliki kepala botak bagi burung kondor california merupakan sebuah kelebihan.

Hal itu disebabkan karena kepala yang berbulu akan menggumpal dengan darah saat burung kondor california memakan bangkai besar.

Baca juga: Hewan-hewan Tercepat di Dunia, Ada Cheetah yang Capai 97 Km Per Jam

2. Blobfish

BlobfishFlickr Blobfish
Blobfish merupakan ikan yang tinggal di laut dalam dengan memiliki tekanan tinggi dan bentuknya terlihat seperti bola lendir daripada makhluk hidup.

Penampilan jelek tersebut memungkinkan ikan ini untuk tetap mengapung di kedalaman di mana kandung kemih gas tidak dapat berfungsi.

Jejak pendapat online yang dilakukan oleh Ugly Animal Preservation Society dari di Inggris, menempatkan blobfish sebagai hewan terjelek di dunia.

Baca juga: 10 Hewan Darat Tercepat di Dunia, Apa Saja?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.