Kompas.com - 21/05/2022, 20:04 WIB

KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) berencana menerapkan penggantian warna dasar pada tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dari hitam ke putih pada Juni 2022.

Adapun keputusan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

"Semoga secepatnya. Bisa bulan Juni? Bisa saja, pokoknya tahun ini (2022) pelat nomor putih," kata Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus, dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Alasan di Balik Pencatatan Pelat Nomor Kendaraan Saat Isi BBM di SPBU

Lantas, siapa saja yang akan mendapatkan pelat nomor putih terlebih dahulu?

Prioritas kendaraan yang mendapatkan pelat nomor putih

Dalam pelaksanaan awal, tidak semua kendaraan akan mendapatkan pelat nomor putih.

Polisi akan mengutamakan kendaraan baru dan yang habis masa berlaku lima tahunan yang lebih dulu memakai pelat nomor putih.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin menuturkan, hal tersebut karena adanya perbedaan masa berlaku TNKB pada tiap pemilik kendaraan.

"Alasan pergantian pelat tidak bisa serempak karena ada perbedaan masa berlaku TNKB," katanya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Pelat Kendaraan RI 1 dan RI 2 Milik Presiden dan Wapres, Siapa Pengguna RI 3?

Sehingga, kendaraan berpelat hitam yang masa berlakunya belum habis pada tahun ini tidak perlu melakukan pergantian pelat putih.

Namun, Taslim memastikan, semua jenis TNKB yang terdaftar masih tetap berlaku pada tahap awal kebijakan alias masih legal.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.