Kompas.com - 20/05/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - "Dengan dilandasi semangat Swa Bhuwana Paksa, TNI Angkatan Udara siap menjaga keamanan wilayah udara dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional."

Itulah tema hari ulang tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), yang diperingati pada 9 April 2022.

Pada usianya yang tak lagi muda, TNI AU dihadapkan dengan berbagai tantangan dan ancaman yang sangat kompleks, seiring kemajuan teknologi dan perubahan zaman yang semakin tak terprediksi.

Terlebih, ancaman yang datang tidak hanya bersifat linier, namun juga bersifat hibrida dan asimetris, bahkan juga semakin berkembang dengan adanya pemanfaatan persenjataan non-kinetik.

Itulah mengapa, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E.,M.P.P bertekad untuk mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan.

Baca juga: Spesifikasi Fokker 27, Pesawat TNI AU Jembatan Udara Antarpulau di Wilayah Indonesia

Mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, maksud disegani di kawasan bukan berarti TNI AU ingin mengeklaim akan jadi yang disegani.

Namun, TNI AU sedang berusaha untuk membangun kekuatan dan kemampuan, serta postur, sebagaimana AU negara maju lainnya yang sudah mumpuni.

Indan menuturkan, untuk mencapai itu, setidaknya TNI AU harus memiliki tiga hal, yakni kesiapan tempur, kemampuan operasi, dan kualitas sumber daya manusia (SDM) atau prajuritnya.

"TNI AU tengah berupaya untuk terus membangun dan mengembangkan ketiga aspek tersebut," ujar Indan, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Dirgahayu Ke-76 TNI AU, Berikut Sejarah, Logo, dan Tema Tahun Ini

Banyak belajar dari AU negara lain yang sudah maju

Australian Defence College (ADC) mengabadikan nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai alumni yang berhasil mencapai puncak karier menjadi KSAU dengan pangkat bintang empat atau marsekal.Dispenau Australian Defence College (ADC) mengabadikan nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai alumni yang berhasil mencapai puncak karier menjadi KSAU dengan pangkat bintang empat atau marsekal.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.