Kompas.com - 19/05/2022, 18:28 WIB

KOMPAS.com - Setelah lebih dari 2 tahun berkutat dengan pandemi Covid-19, akhirnya angin segar menerpa masyarakat Indonesia. 

Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka tak padat orang.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, kebijakan tersebut menilik kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," tutur Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022).

Meski demikian, bagi yang beraktivitas di ruang tertutup dan transportasi publik, Jokowi mengharuskan untuk tetap menggunakan masker.

Baca juga: Bolehkah Lepas Masker Saat Shalat Berjemaah di Masjid?

Lantas, mengapa boleh melepas masker di ruang terbuka, tetapi tidak untuk ruang tertutup? Apakah ruang terbuka atau luar ruangan dinilai lebih aman dari penyebaran Covid-19?

Penjelasan ahli

Terkait penyebaran Covid-19, epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman, membenarkan bahwa kondisi di luar ruangan relatif lebih aman dibanding di dalam ruangan.

Hal tersebut dikarenakan sirkulasi udara di luar yang lebih cepat berganti dan lebih cepat pula untuk mendapat udara segar.

"Kenapa di luar ruangan dianggap lebih aman karena sirkulasi udara lebih jelas, udara segar bisa diperoleh," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Apakah Boleh Lepas Masker Saat di Dalam Ruangan? Ini Kata Satgas Covid

Seorang perempuan menggunakan masker ganda untuk mencegah Covid-19.SHUTTERSTOCK/YAMASAN0708 Seorang perempuan menggunakan masker ganda untuk mencegah Covid-19.

Namun hal itu, tidak serta-merta menjadikan semua tempat di luar ruangan lebih aman daripada di dalam ruangan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.