Kompas.com - 19/05/2022, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah melonggarkan aturan tentang pemakaian masker di luar ruangan. Masyarakat kini boleh lepas masker saat berada di luar ruangan.

Kebijakan tersebut diambil lantaran penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang dinilai makin terkendali.

Baca juga: Apakah Boleh Lepas Masker Saat di Dalam Ruangan? Ini Kata Satgas Covid

Lantas, bagaimana dengan lepas masker saat shalat berjemaah?

Boleh melepas masker, jika...

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menjelaskan, keputusan boleh tidaknya melepas masker saat shalat berjemaah tergantung dari pandangan para ahli.

Fungsi masker, imbuhnya yakni guna melindungi diri sendiri dan orang lain.

"Kalau menurut para ahli di daerah kita tinggal atau beraktivitas sudah aman dari Covid-19, maka kita tentu sudah boleh tidak pakai masker. Tapi karena virus itu tidak terlihat oleh mata maka untuk kepentingan berhati-hati agar tidak terkena Covid-19 maka akan lebih baik kita tetap memakai masker," kata Anwar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

 Baca juga: Kata MUI soal Puasa Berbeda tapi Kemungkinan Lebaran Bersamaan

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Ni'am Sholeh mengungkapkan, jemaah yang sehat tidak perlu lagi memakai masker saat melakukan shalat jemaah di masjid.

Hal itu selaras dengan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan yang tidak padat atau ramai.

"Seiring dengan pelonggaran protokol kesehatan yang kembali ditetapkan pemerintah, maka pelaksanaan shalat bagi masyarakat Muslim yang sehat sudah tidak memakai masker lagi.
Dan usai shalat, jika berada di ruang publik, perlu menyesuaikan," ujar Ni'am melalui keterangan tertulis," ujarnya melalui rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Masker Boleh Dilepas Saat di Luar Ruangan?

Aturan penggunaan karpet di masjid

Suasana shalat tarawih perdana tanpa jaga jarak di Masjid Agung Al-Araaf Rangkasbitung, Sabtu (2/4/2022).KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN Suasana shalat tarawih perdana tanpa jaga jarak di Masjid Agung Al-Araaf Rangkasbitung, Sabtu (2/4/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.