Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Teka Teki Bagong Jatuh ke Dalam Sumur

Kompas.com - 19/05/2022, 05:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ALKISAH di tengah padang Kurusetra ada sebuah sumur dengan kedalaman 20 meter. Ketika sedang melakukan inspeksi lapangan di gelanggang Bharatayudha, Bagong yang tinggi badannya 150 sentimeter jatuh terjerembab ke dalam sumur.

Tentu saja Bagong berusaha ke luar dari sumur yang dalamnya 20 meter tersebut.

Akibat Bagong overweight dengan berat badan 100 kilogram, maka setiap 10 menit berhasil memanjat naik dinding sumur setinggi 15 meter, namun merosot lima meter sebelum 10 menit kemudian berhasil memanjat naik 15 meter sebelum kembali merosot lima meter dan seterusnya dan selanjutnya.

Pertanyaannya adalah Bagong butuh berapa menit sampai berhasil ke luar dari sumur nahas sedalam 20 meter tersebut.

Secara aritmatika sederhana dapat dihitung bahwa setiap 10 menit Bagong berhasil naik 15 meter lalu pada menit ke 10 turun 5 meter berarti berhasil mencapai ketinggian 15-5=10 meter di dinding sumur.

Untuk mencapai 20 meter berarti Bagong butuh 20:10=2 X 10 menit = 20 menit.

Namun pada realita kenyataan dalam waktu belum sampai 20 menit sebenarnya Bagong de facto sudah berada pada ketinggian lebih dari 20 meter.

Berarti pada upaya ke dua memanjat dinding sumur Bagong sudah berada di luar sumur tanpa perlu merosot 5 meter lagi.

Kecuali Bagong terpeleset sehingga kembali terjatuh ke dalam sumur lagi.

Dua jawaban saling beda itu sama-sama menjadi benar mau pun tidak benar apabila memperhitungkan tinggi badan Bagong 150 sentimeter berarti Bagong mulai memanjat dinding sumur pada ketinggian 150 sentimeter tanpa memperhitungkan jangkauan tangan Bagong ke atas pada dinding sumur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.