Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Transisi Menuju Endemi dan Hidup Normal Lagi

Kompas.com - 18/05/2022, 09:18 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

HAI, apa kabarmu?

Semoga kabarmu baik bersamaan dengan sejumlah kabar terkait pandemi yang tampaknya akan segera kita menangkan dan akhiri.

Syukur akan pencapaian ini. Kontribusi gigih kita bersama untuk mengakhiri pandemi membuahkan hasil. 

Pengetatan yang dilakukan untuk mengatasi pandemi mulai dilonggarkan. Selasa (17/5/2022), pemerintah memperbolehkan kita tidak memakai masker di ruang terbuka.

Pelonggaran aturan pemakaian masker di ruang terbuka ini merupakan merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke endemi.

Kebijakan ini diumumkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo yang baru saja kembali dari kunjungan ke Amerika Serikat dan tidak lagi mengenakan masker di banyak kesempatan.

Presiden Joko Widodo dan Pendiri SpaceX Elon Musk saat sedang berada di kawasan SpaceX yanng berlokasi di Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022). BPMI Setpres/Laily Rachev Presiden Joko Widodo dan Pendiri SpaceX Elon Musk saat sedang berada di kawasan SpaceX yanng berlokasi di Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022).
Tentu saja, keputusan ini tidak diambil hanya karena ikut-ikutan kebijakan di negara lain seperti Amerika Serikat. 

Tahapan kita memulai transisi menuju endemi didasari pada pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat.

Dua tahun lebih kita dalam situasi pandemi membentuk pemahaman dan kesadaran kolektif terkait perilaku hidup sehat ini.

Perilaku hidup sehat yang merupakan tanggung jawab masing-masing  dari kita berkontribusi pada pemahaman dan kesadaran kolektif. Selamat untuk hal ini.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya menerapkan protokol kesehatan untuk diri dan keluarga. 

Berlajar dari sejarah pandemi yang pernah terjadi di dunia, penyadaran ini memerlukan edukasi dan dilakukan secara bertahap.

Keputusan pemerintah melonggarkan sejumlah aturan seperti tidak memakai masker di luar ruangan mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di dunia.

Seperti kecenderungan dunia, masyarakat Indonesia memiliki daya tahan terhadap varian baru dengan cukup baik. Secara ilmiah, daya tahan itu dibuktikan melalui sero survey.

Daya tahan terhadap varian baru itu secara praktis dibuktikan dengan turun dan kecilnya kasus di Indonesia dibandingkan China, Taiwan, dan bahkan Amerika Serikat

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.