Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Yuk, Belajar Kepemimpinan dari Dunia Olahraga

Kompas.com - 18/05/2022, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Frangky Selamat*

MINGGU, 15 Mei 2022. Satu hari dua drama bagi dunia olahraga Indonesia. Tim Piala Thomas belum berhasil mempertahankan gelar. Kalah 0-3 dari India. Hanya tujuh bulan saja Piala Thomas di tangan Indonesia. Kini melayang terbang ke India, sang kejutan pembunuh raksasa.

Di cabang olahraga lain dalam perhelatan Sea Games ke-31 di Hanoi, Vietnam, Timnas Sepakbola Indonesia dengan gagah perkasa menaklukkan Myanmar 3-1 dan lolos ke semifinal. Sepakbola Indonesia kini bisa bernapas lega. Asa meraih medali emas terbuka lebar.

Di balik hingar-bingar pertandingan yang menggelora, terbayangkah tim dan personel yang bekerja menyiapkan para pemain agar siap tampil dan memenangkan pertandingan? Atau bagaimana sepak terjang tim pelatih atau pemimpin tim di balik perjuangan pemain di tengah lapangan?

Baca juga: Elon Musk, Kepemimpinan Global, dan Dampaknya bagi Indonesia

Para peneliti di bidang kepemimpinan mengemukakan keserupaan bagaimana seorang pemimpin bisnis (business leader) mengelola bisnis bersama tim sehingga berdaya saing dibandingkan tim pelatih (sport leader) menyiapkan atlet sehingga kompetitif dalam pertandingan.

Kepemimpinan (leadership) di dunia olah raga dapat menjadi refleksi bagi pemimpin bisnis. Ada hal yang dapat diaplikasikan, yang akan meningkatkan daya saing.

Kualitas kepemimpinan bagi seorang pemimpin ada pada kemampuannya memengaruhi tim yang dipimpin untuk mengikuti arahan dan tindakan agar visi dan misi yang ditetapkan tercapai. Seorang manajer konvensional lebih fokus untuk memastikan bahwa aktivitas berjalan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

Pemimpin (leader) yang ideal selalu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dengan serangkaian terobosan inovatif yang tidak terpikirkan pemimpin sebelumnya. Sementara manajer yang efektif harus dapat menjamin stabilitas usaha dari “turbulensi-turbulensi” yang mengganggu bisnis yang dikelola.

Pemimpin dan manajer adalah dua tipe yang berbeda. Dunia olahraga yang melibatkan personel di dalam tim tidak lepas dari kepemimpinan yang biasa dipimpin oleh seorang pelatih (coach) atau manajer tim.

Perbedaan pemimpin olahraga dengan pemimpin bisnis

Gordon (2007) membedakan pemimpin bisnis dengan dengan pemimpin di dunia olahraga ke dalam enam aspek.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.