Kompas.com - 17/05/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Hepatitis akut parah telah terdeteksi di Indonesia dan beberapa negara dan menyerang bayi hingga anak-anak.

Di Indonesia telah ada 18 orang yang terjangkit penyakit ini dan 7 diantaranya meninggal dunia.

Penyebab dari hepatitis akut parah ini masih belum diketahui. Namun, muncul beberapa dugaan.

Apakah benar hepatitis akut parah menular melalui udara?

Baca juga: Perbedaan Diare Biasa dan Diare Gejala Hepatitis Akut Misterius

Penjelasan Kemenkes

Dilansir dari Kompas.com, Senin (16/5/2022), Juru bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa penularan kasus dugaan hepatitis akut misterius dapat menular melalui udara.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Dr. Mohammad Syahril yang mengatakan di Inggris terdapat temuan Adenovirus pada pasien.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menjelaskan, hepatitis akut parah masih belum diketahui penularannya.

Meski begitu, tindakan pencegahan bisa dilakukan untuk kewaspadaan.

"Hepatitis akut parah ini sebetulnya masih belum jelas banget menular lewat oral atau udara tapi ini dilihat dari gejala-gejala yang ada, kemudian hipotesa-hipotesa yang ada, ada gejala napas, sehingga dalam konteks mitigasi saya kira nggak masalah untuk dicegah," kata Dicky pada Kompas.com, Senin (16/5/2022).`

Menurut Dicky, ada potensi penularan melalui udara. Dia menambahkan langkah-langkah pencegahan seperti saat pencegahan Covid-19 perlu dilakukan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.