Kompas.com - 16/05/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Hari Raya Waisak 2022 diperingati pada hari ini, Senin, 16 Mei 2022.

Waisak adalah perayaan yang digelar untuk memperingati Trisuci Waisak, yakni hari kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha Gautama.

Segenap umat Buddha dari berbagai negara memiliki perayaan Hari Raya Waisak masing-masing.

Berikut sejumlah tradisi unik umat Buddha dari berbagai negara di dunia, dikutip dari The Culture Trip:

Baca juga: Nonton Pelepasan Lampion Waisak di Candi Borobudur, Ketahui Aturan Ini

1. China dan Hong Kong

Warga melintas di depan Vihara Hemadhiro Mettavati, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (26/5/2021). Umat Budha merayakan Hari Tri Suci Waisak.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga melintas di depan Vihara Hemadhiro Mettavati, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (26/5/2021). Umat Budha merayakan Hari Tri Suci Waisak.
Berdasarkan data dari World Population Review, China adalah negara dengan jumlah umat Buddha terbanyak, yakni 254,7 juta.

Perayaan Waisak di China dikenal sebagai Fodan. Dalam acara itu, terdapat persembahan kepada biksu dan menyalakan dupa di kuil Buddha.

Warga akan menggelar upacara Yufojie atau memandikan Buddha, dengan menuangkan air beraroma harum yang diberkati di atas patung bayi Buddha.

Patung tersebut punya jari telunjuk kanan yang mengarah ke atas atau ke arah langit.

Sementara itu, untuk jari telunjuk kiri mengarak ke bawah atau ke arah bumi, yang mengacu pada kelahiran Sang Buddha Gautama.

Baca juga: Jelang Waisak, 67.000 Penumpang Kereta Tinggalkan Jakarta

2. Jepang

Umat dan masyarakat umum menerbangkan lampion menandai puncak peringatan Waisak 2563 BE/2019 di Candi Borobudur, Magelang, Minggu (19/5/2019) pagiKOMPAS.com/IKA FITRIANA Umat dan masyarakat umum menerbangkan lampion menandai puncak peringatan Waisak 2563 BE/2019 di Candi Borobudur, Magelang, Minggu (19/5/2019) pagi
Berdasarkan data pada 2020, Jepang memiliki sekitar 41,3 juta penduduk beragama Buddha.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.