Kompas.com - 05/05/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Lebaran sudah berlalu, meski libur Hari Raya masih ada beberapa hari lagi.

Di penghujung Lebaran, yang tersisa di ruang dapur adalah sisa-sisa stok bahan makanan mentah, juga sisa-sisa limbah pengolahan sajian khas Lebaran.

Dapur biasanya akan lebih kotor dari biasanya. Peralatan memasak dan makan seperti wajan, piring, dan mangkuk akan dipenuhi residu-residu lemak dan sisa makanan yang terkadang susah hilang.

Selepas digunakan untuk mengolah berbagai sajian berlemak seperti opor dan rendang, biasanya wajan dan peralatan makan akan diselimuti noda lemak yang susah hilang.

Bagaimana cara menghilangkan noda lemak ini?

Berikut ini adalah tips singkat menghilangkan noda lemak dan minyak yang tertinggal pada peralatan makan dan peralatan memasak.

Baca juga: Mengintip Hidangan Lebaran Khas Timur Tengah

1. Membersihkan noda lemak peralatan makan

Dilansir dari The Spruce, agar noda tak membandel, maka Anda harus mencucinya langsung selepas piring dan sendok digunakan.

Jangan menumpuk peralatan makan kotor dalam waktu lama tanpa terendam air, karena hal ini bisa menyebabkan sisa makanan menempel lebih lekat.

Jadi selepas digunakan, bersihkan dan buang sisa makanan yang masih ada dengan sendok garpu. Jika ada makanan menempel, rendam peralatan makan selama beberapa waktu sebelum Anda mencucinya.

Jika ada noda lemak, sebaiknya rendam peralatan makan menggunakan air panas agar lemak mencair dan mudah digosok.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.