Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Lebaran Ketupat

Kompas.com - 05/05/2022, 05:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEBELUM menukik ke ketupat, menarik jika terlebih dahulu kita menjelajah kawasan Asia mulai dari China demi lebih mengenal jenis cemilan kue basah terbuat dari sari beras yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai rice cake.

Ketupat China disebut sebagai Nian Gao dan di kawasan Shi Chuan disebut sebagai Bai Tang Gao yang berkembang menjadi Bak Cang di Indonesia.

Versi ketan ketupat di Jawa popular dengan sebutan lemper. Di Korea ketupat disebut sebagai tteokbokki yang kenyal maka sedap disantap dengan bumbu gochujang kreasi seorang nenek bernama Ma Bok-lim di area Sindang-dong bertetangga dengan Seoul pada tahun 1953 pascaperang Korea.

Rice cake versi Jepang paling popular adalah mochi yang cukup beranekaragam, semisal norimaki mochi, yaki mochi, tofu mochi, mochi ice cream, okaka onigiri, kinako mochi, sakura mochi, chi chi dango mochi, chimaki, zenzai, kachiwa mochi, ichugo daifuku, pumpkin mochi, hanabiramochi, supranamochi (maaf yang terakhir ini bikinan saya sendiri).

Meski lezat namun akibat kenyal dan lengket, maka apabila dilahap secara terburu-buru, mochi rawan bikin manusia tersedak bahkan sampai mati.

Padanan mochi di Taiwan disebut tauchi serta di Hongkong dikenal sebagai lo mai chi, Singapura muah chee, Filipina tikoy, Hawaii butter mochi, lalu di Indonesia popular sebagai kue moci berasal dari Sukabumi. Sementara di Malaysia disebut kuih kochi yang berisi gula jawa.

Di Indonesia ada lontong yang lazim disantap bersama sate ayam atau sapi dengan bumbu kacang di samping tentu saja ketupat yang melahirkan istilah Lebaran Ketupat.

Ketupat adalah hidangan khas indonesia berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur).

Ketupat paling banyak ditemukan pada saat perayaan Lebaran sampai lima hari berikutnya ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Para ilmuwan sejarah meyakini tradisi Lebaran Letupat berakar pada tradisi shawallan sebagai warisan gagasan Sunan Kalijaga yang memperpadukan unsur Hindu dengan Islam.

Bagi saya pribadi ketupat memiliki kelebihan seni rupa terhadap beranekaragam rice cake di planet bumi, yaitu kemasan organik terbuat dari bahan daun kelapa muda yang dianyam secara indah tiada dua di marcapada ini.

Selamat merayakan Lebaran Ketupat sambil menikmati lezatnya ketupat opor seperti yang disantap Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo ketika berhalalbihalal di Istana Yogyakarta Idul Fitri 1443 Hijriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com